Sukses

6 Fakta Menarik Penyisihan Grup Liga Europa

Terbang ke Kroasia untuk menantang Rijeka, AC Milan kalah 0-2 di Liga Europa.

Liputan6.com, Jakarta - Babak penyisihan grup Liga Europa telah berakhir. Sebanyak 32 klub, termasuk delapan klub dari Liga Champions, memastikan tiket ke fase knock out yang bakal digelar dua leg pada 15 dan 22 Februari 2018 mendatang.

Dalam laga penutup penyisihan grup, dua klub Inggris, Everton dan Arsenal memetik kemenangan besar pada Kamis (7/12/2017) atau Jumat dini hari WIB. Everton menekuk klub asal Kepulauan Sirpus 3-0, sementara Arsenal menghajar BATE Borisov 6-0 di Emirates.

Berbanding terbalik dengan duo Italia, Lazio dan AC Milan yang melakoni laga tandang. Terbang ke Kroasia untuk menantang Rijeka, Milan kalah 0-2. Sedangkan Lazio takluk dari klub Belgia SV Zulte-Waregem 2-3.

Meski keduanya kalah, mereka berhak melaju ke fase 32 besar sebagai juara grup. Sebab, koleksi poin Milan dan Lazio tak dapat terkejar oleh pesaing terdekatnya.

Bergeser ke Spanyol, sejarah dicatat Real Sociedad akhirnya menapaki babak knock out kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam 14 tahun terakhir. Tim ini finis di peringkat dua Grup L usai kalah dari Zenit 1-3 di Anoeta.

Dengan lolosnya Sociedad, ada empat tim asal Spanyol yang lolos ke 32 besar yaitu Villareal, Athletic Bilbao, serta Atlético Madrid. Atlético tergusur ke Liga Europa karena cuma finis di peringkat tiga dalam fase penyisihan grup Liga Champions.

Lebih jauh, berikut data dan fakta menarik Liga Europa dilansir dari OptaJoe, Jumat (8/12).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik

1. AC Milan tak mencetak satu pun tembakan tepat sasaran untuk pertama kalinya di Liga Europa musim ini.

2. Tidak ada tim yang mencetak lebih banyak gol dari AC Milan dalam 15 menit pertama pertandingan selama Liga Europa ini.

3. Dari tujuh tim yang telah mencetak 6 gol atau lebih dalam kompetisi Eropa musim ini, empat di antaranya adalah klub Inggris: Liverpool (dua kali), Chelsea dan Arsenal.

4. Anthony Gordon (16 tahun 286 hari) menjadi pemain 16 tahun kedua yang bermain untuk klub Inggris dalam sejarah Liga Europa. Dia menyamai rekor Jake Bidwell yang tampil untuk Everton saat menghadapi BATE Borisov pada Desember 2009.

5. Real Sociedad lolos ke fase knock-out di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam 14 tahun terakhir. Prestasi terbaik tim ini adalah lolos 16 besar Liga Champions pada tahun 2004.

6. Klub Villareal sukses mencapai babak sistem gugur di semua edisi Liga Europa yang telah mereka mainkan (enam edisi).

3 dari 3 halaman

Daftar Tim yang Lolos

Villarreal, Astana, Dynamo Kyiv, Partizan, Braga, Ludogorets Razgrad, AC Milan, AEK Athens, Atalanta, Lyon, Lokomotiv Moscow, Copenhagen, Viktoria Plzen, FCSB, Arsenal, Red Star Belgrade, Red Bull Salzburg, Marseille, Athletic Bilbao, Ostersund, Lazio, Nice, Zenit Saint Petersburg, Real Sociedad, CSKA Moscow, Atlético Madrid, RB Leipzig, Sporting CP, Napoli, Spartak Moscow, Glasgow Celticn Borussia Dortmund.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sebuah perkumpulan olahraga profesional Italia yang berbasis di Roma, Italia, terkenal dengan cabang sepak bolanya
    Sebuah perkumpulan olahraga profesional Italia yang berbasis di Roma, Italia, terkenal dengan cabang sepak bolanya

    Lazio

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa