Sukses

Pembukaan Piala Eropa 2020 Digelar di Kota Roma

Jakarta - Pertandingan pembukaan Piala Eropa 2020 dipastikan bakal digelar di Stadion Olimpico Roma, Italia. Kepastian itu didapat setelah Komite Eksekutif UEFA melakukan pertemuan di Nyon, Swiss, untuk membahas segala masalah terkait sepak bola Eropa, termasuk Piala Eropa 2020 pada Kamis (7/12/2017).

Piala Eropa 2020 akan digelar dengan format yang berbeda dengan edisi sebelumnya. Kali ini UEFA akan menggelar turnamen antarbangsa Eropa itu di seluruh Benua Biru itu dengan sejumlah stadion yang berbeda.

Melalui pertemuan Komite Eksekutif UEFA, konfederasi sepak bola Eropa itu pun mengumumkan pertandingan pembukaan Piala Eropa 2020 akan digelar di Stadion Olimpico, di mana pertandingan-pertandingan Grup A akan digelar di Roma dan di Baku, Azerbaijan.

"Stadion Olimpico di Roma terpilih menjadi tempat digelarnya laga pembukaan," demikian bunyi pernyataan Komite Eksekutif UEFA tentang Piala Eropa 2020 yang dirilis melalui UEFA.com.

Selain itu, UEFA juga membatalkan Eurostadium di Brussels sebagai salah satu stadion yang menggelar laga babak grup Piala Eropa 2020. Komite Eksekutif UEFA memutuskan untuk mengalokasikan pertandingan yang rencananya digelar di Belgia itu ke London, di mana Stadion Wembley akan mendapatkan tambahan pertandingan selain empat besar dan laga puncak.

"Proyek Eurostadium gagal memenuhi kondisi yang diinginkan Komite Eksekutif UEFA dalam pertemuan pada 20 September 2017, empat laga yang sebelumnya dijadwalkan di Brussels kini akan dialokasikan ke Stadion Wembley, London, menyusul pemungutan suara oleh komite. Ini artinya Wembley akan menggelar tujuh pertandingan setelah sebelumnya dipersiapkan untuk menggelar laga semifinal dan final turnamen," demikian bunyi pernyataan UEFA terkait stadion tersebut.

UEFA merilis ada 12 kota di seluruh Eropa yang akan menggelar semua pertandingan babak grup Piala Eropa 2020. Seperti diungkapkan di atas, Roma dan Baku akan menggelar pertandingan Grup A. Sementara itu, Saint Petersburg dan Copenhagen akan menggelar laga Grup B.

Amsterdam dan Bucharest akan menggelar laga Grup C Piala Eropa 2020, sementara London dan Glasgow akan menggelar laga Grup D. Bilbao dan Dublin menggelar pertandingan-pertandingan Grup E, sementara Munchen dan Budapest akan menggelar laga Grup F.