Sukses

Mario Gomez Bakal Terapkan Gaya Eropa di Persib

Pengalaman jadi asisten pelatih di Valencia bakal diterapkannya di Persib

Liputan6.com, Bandung - Perubahan dipastikan bakal dilakukan oleh Roberto Carlos Mario Gomez saat menangani Persib Bandung. Selain merombak skuat, pelatih asal Argentina ini akan menerapkan skema permainan yang berbeda.

Berbekal pengalamannya menjadi asisten beberapa tim top di Eropa seperti Mallorca, Valencia hingga Inter Milan, Gomez mengharapkan Persib Bandung memiliki keseimbangan dalam bermain.

Tidak hanya menyerang, diperlukan pertahanan kuat pada sektor belakang dan penguasaan serta distribusi bola dari lini tengah. Ini agar Persib bisa memiliki peluang kembali menjadi klub yang ditakuti, setelah musim lalu terseok-seok.

"Kami tidak hanya perlu menyerang dan kami juga perlu bertahan dan itu yang terpenting dalam membangun sebuah tim. Karena mungkin, kamu punya penyerangan bagus tapi tanpa pertahanan kita tidak akan menang. Kami butuh semua pemain saat menguasai bola dan tidak bisa ketika kehilangan bola hanya berjalan."

"Semua guru berkata kami tidak bisa bicara hanya tentang serangan dan bertahan dan yang paling penting adalah tim dan menang. Ketika kehilangan bola semua pemain harus ikut bertahan. Ketika menguasai bola semua harus ikut menyerang dan jika kamu lihat sepakbola Eropa, Premier League, Liga Itali melakukan hal itu dan itu normal. Kami tidak bisa andalkan hanya beberapa pemain menyerang dan bertahan, kami harus bekerja bersama," kata dia saat acara Persib Peduli di Stadion Sidolig, Kota Bandung, Minggu (10/12/2017).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persib Punya Modal

Gelandang Persib, Febri Hariyadi, berusaha melewati gelandang Bali United, Muhammad Taufiq, pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Kamis, (21/9/2017). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 Menurutnya Persib mampu menerapkan hal tersebut lantaran memiliki modal para pemain berkualitas. Bahkan, dia tidak segan memberikan pujian kepada Febri Hariyadi Cs.

"Setiap pelatih butuh pemain yang cepat dan berteknik. Saya ingin pemain yang bagus dan saya pikir Persib Bandung mempunyai pemain bagus, pemain lokal yang sangat bagus karena saya mencari informasi dari internet dan dari pelatih lain, jadi kalau kami bisa bekerja bersama, kami akan berkembang," kata dia.

Mario Gomez sangat diharapkan bisa memberi perubahan di Persib. Pengalamannya membawa Darul Ta'zim menjadi juara Piala AFC 2015 diharapkan bisa menular di Persib.

3 dari 3 halaman

Dipanggil Abah

pelatih anyar Persib, Roberto Carlos Mario Gomez (Kukuh Saokani)

Mario Gomez kini resmi menjadi pelatih Persib Bandung. Pria asal Argentina itu bakal menangani tim juara ISL 2014 ini selama dua tahun ke depan dengan opsi perpanjangan kontrak satu tahun.

Bobotoh, sebutan suporter Persib Bandung memberikan dukungan besar bagi sang pelatih. Sebelum hadir saat perkenalan pada acara Persib Peduli di Stadion Sidolig, Kota Bandung, Minggu (10/12/2017), media sosial milik pria asal Argentina itu telah dibanjiri komentar positif.

Yang lucu, karena berambut putih, bobotoh banyak yang menyebutnya dengan sebutan abah alias kakek.Agus Rahmat, salah satu pengurus Viking Persib Club mengatakan, julukan tersebut datang karena bobotoh menilai Gomez mampu menjadi sosok ayah untuk pemain dan suporter.

"Kalau dalam bahasa sunda, abah itu berarti bapak. Memang berharap jadi sosok yang bisa mengayomi pemain dan juga bobotoh Persib," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.