Sukses

Majukan Hoki Es Indonesia, Ice Salamanders Diluncurkan

Ice Salamanders tengah mempersiapkan tim atlet muda hoki es untuk mengikuti turnamen Singapore Ice Dragons Classic pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Hoki es adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan di lapangan es dan menjadi salah satu olahraga dengan sebutan the fastest game on earth. Ini dikarenakan tempo permainan dan seluruh aksinya selama pertandingan. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing berusaha mencetak skor dengan memasukkan puck (sebutan untuk bola didalam hoki es) ke dalam gawang musuhnya.

Hoki es telah sejak lama populer di negara-negara yang bermusim dinginm seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia. Namun, olahraga ini juga telah dijadikan ajang kompetisi internasional oleh negara-negara beriklim tropis.

Tim dewasa hoki es Indonesia pun sudah 2 kali mengikuti ajang internasional, seperti Asian Winter Games 2017 di Jepang dan SEA Games 2017 di Malaysia. Untuk tim remaja hoki es Indonesia, mereka merebut peringkat 3 di ajang SEA Youth Cup 2017 Malaysia yang merupakan lanjutan event SEA Games 2017.

Klub hoki es Ice Salamanders terbentuk resmi pada 11 Desember 2017, dan sebelumnya telah menjalankan beberapa program latihan bagi atlet muda yang bergabung menjadi anggota klub ini. Menurut Ronald Wijaya selaku Headcoach, saat ini klub Ice Salamanders tengah mempersiapkan tim atlet muda hoki es untuk mengikuti turnamen Singapore Ice Dragons Classic yang akan diselenggarakan pada 28 Februari – 3 Maret 2018 di Singapura.

"Ini merupakan insiasi pelatih dan orangtua atlet klub Ice Salamanders agar hoki es Indonesia bisa bergema di ajang dunia. Kami merumuskan suatu metode pembinaan yang mampu menghasilkan atlet muda berkualitas dengan penuh semangat perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam cabang olahraga ini," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Penuh

Klub Hoki Es Ice Salamanders. (istimewa)

Menurut Ronald, klub ini didukung penuh oleh Federasi Hoki Es Indonesia (FHEI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan BX Rink Bintaro Jaya Exchange Mall. "Misi kami adalah menciptakan atlet muda hoki es yang professional melalui sistem latihan yang terprogram. Sedangkan visi kami jangka panjang adalah membentuk generasi muda yang sehat, beretika dan berprestasi," paparnya.

Saat ini, Ice Salamanders sudah memiliki anggota sebanyak 20 atlet muda dengan rentang usia umur 7 tahun – 15 tahun dengan komposisi 17 player dan 3 goalie (sebutan untuk kiper didalam hoki es).

"Kami menerapkan metode pengajaran yang terintegrasi dan berkelanjutan. Disebut terintegrasi karena latihan on-ice, off-ice, dan hockey camp mengacu pada silabus sehingga pembelajaran anak-anak mempunyai tahapan dan target yang jelas. Dan disebut berkelanjutan karena seluruh latihan mereka akan terimplementasi melalui liga persahabatan dan turnamen luar negeri yang secara rutin terjadwal untuk diikuti," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.