Sukses

Kemenpora Kaget PSSI Turunkan Target Timnas di Asian Games

Kemenpora meminta PSSI tidak asal klaim mengenai perubahan target tim besutan Luis Milla tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kaget PSSI menurunkan target Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018. Awalnya, PSSI menargetkan Timnas Indonesia masuk empat besar Asian Games.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha, mengatakan, Selasa (12/12/2017), di Makostrad, Jakarta, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kemenpora mengenai target minimal Timnas Indonesia di multi event kawasan Asia tersebut.

"Kemenpora sudah tanya target realistis PSSI. Melihat komposisi dan kami baru bangkit pada 2016, PSSI hanya menargetkan minimal top 10," ujar Tisha kepada wartawan.

Mengetahui perubahan target tersebut, Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto mengaku terkejut karena dalam pertemuan sebelumnya tidak ada pembicaraan mengenai hal itu. Gatot meminta PSSI tidak asal klaim mengenai perubahan target tim besutan Luis Milla tersebut.

"Kami juga tidak ada cerita Timnas Indonesia mau jadi juara walaupun inginnya juara tapi realistisnya kan tidak mungkin. Runner up ataupun peringkat tiga juga tidak mungkin. Kalau bisa empat besar saja itu sudah pencapaian yang bagus," ungkap Gatot.

"Tetapi kalau targetnya dari empat besar turun jadi 10 besar jadi tanda tanya juga buat kami. Kok turunnya jauh sekali. Apalagi Indonesia jadi tuan rumah. Setidaknya, kalau turun tidak ke 10 besar lah, minimal enam besar," ujar Gatot mengakhiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Evaluasi

Gatot S Dewa Broto (Liputan6.com / Risa Kosasih)

Beberapa waktu lalu, Kemenpora mengaku belum bisa mengevaluasi performa tim nasional Indonesia. Gatot mengungkapkan, PSSI masih menyusun laporan terkait jalannya Liga 1 dan Liga 2.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, kata Gatot, telah menyampaikan bahwa PSSI akan menyelesaikan laporan tersebut dalam satu atau dua minggu ke depan.

3 dari 3 halaman

Teguran

Gatot Dewa Broto (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sebelumnya, Kemenpora telah menegur PSSI terkait jalannya kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Teguran dilakukan karena adanya persepsi negatif dari masyarakat terkait beberapa keputusan kontroversial PSSI saat berlangsungnya liga.

Meski belum bisa mengevaluasi, Kemenpora sudah meminta PSSI agar memperhatikan performa tim nasional. Pasalnya, waktu persiapan untuk Asian Games 2018 semakin mepet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.