Sukses

AC Milan Banderol Donnarumma Rp 1,1 Triliun

Donnaruma kabarnya sudah tak betah di AC Milan.

Liputan6.com, Milan - Rumor kepindahan kiper belia AC Milan, Gianluigi Donnarumma kembali menguat dalam beberapa hari belakangan. Menurut kabar terakhir, kiper berusia 18 tahun itu dibanderol seharga 70 juta euro atau setara Rp 1,1 triliun.

Donnarumma sejatinya baru memperpanjang kontraknya dengan AC Milan pada musim panas lalu. Ia diikat hingga Juni 2021, dan gajinya juga naik menjadi 6,5 juta euro. Akan tetapi, agennya, Mino Raiola tidak senang dengan kesepakatan tersebut. Sampai sekarang, ia terus berusaha mencarikan klub baru untuk kliennya itu.

Sky Sport Italia memberitakan, Raiola telah menemui petinggi Milan sebanyak dua kali dalam tiga pekan terakhir. Tidak diketahui apa yang ia sampaikan. Namun diyakini, jika ada klub yang menawar Donnarumma dengan harga tinggi, ia akan dengan senang hati menerimanya.

Di saat bersamaan, terungkap bahwa AC Milan sebenarnya tidak pernah menandantangani klausul rilis Donnarumma yang sebelumnya dikabarkan bernilai 50 juta euro. Dengan demikian, keputusan pindah atau tidaknya kiper Timnas Italia itu lebih bergantung pada keputusan sang pemain.

Dalam posisi seperti ini, I Rossoneri punya dua kemungkinan. Pertama, mereka harus merelakan Donnarumma pergi dan memasang harga setinggi mungkin. Atau, mereka bisa kehilangan kiper binaan akademi itu dengan harga murah jika sang kiper memang berniat pindah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tergantung Akhir Musim

Namun yang pasti, Donnarumma tidak akan mungkin hengkang dalam waktu dekat. AC Milan bagaimana pun akan tetap mempertahankannya, minimal hingga akhir musim ini. Keputusan akan sangat tergantung pada prestasi I Rossoneri di akhir musim.

Jika gagal menembus Liga Champions, diyakini Donnarumma akan berpikir ulang untuk loyal di San Siro. Hal ini sebelumnya juga telah disampaikan beberapa kali oleh Raiola. Meski tidak ada kesepakatan tertulis, ia bertekad mencarikan klub baru untuk kliennya jika AC Milan gagal berprestasi.

Faktor penentu lainnya adalah kondisi neraca keuangan AC Milan. Seperti diketahui, akibat belanja besar-besaran di bursa transfer musim panas lalu, Diavolo kini tengah mendapat sorotan dari UEFA dan terancam terkena sanksi Financial Fair Play di akhir musim. Apalagi, proposal kesepakatan sukarela yang mereka ajukan beberapa waktu lalu juga ditolak.

3 dari 3 halaman

PSG Peminat Utama

Dari sekian banyak klub yang menginginkan Donnarumma, Paris Saint-Germain merupakan yang paling getol. Raksasa Prancis itu baru-baru dikabarkan kembali mengontak Raiola agar membujuk kliennya pindah.

Untuk kiper potensial seperti Donnarumma, klub kaya raya itu diyakini bakal tak keberatan menggelontorkan uang banyak. Hal itu sudah mereka tunjukkan saat mendatangkan Neymar Jr dari Barcelona (220 juta euro) dan Kylian Mbappe dari AS Monaco (180 juta euro).

Di samping PSG, di dalam negeri ada Juventus yang juga sangat ingin memiliki Donnarumma. I Bianconeri memproyeksikan Donnarumma sebagai pengganti Gianluigi Buffon yang akan segera pensiun tahun depan. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.