Sukses

3 Pemain Ini Sulit Digantikan di Manchester City

Manchester City memiliki kedalaman skuat yang mumpuni di setiap lini.

Liputan6.com, Manchester - Dominasi Manchester City di Liga Inggris 2017/2018 begitu jelas terlihat. Meski belum genap paruh musim, tampaknya tim besutan Pep Guardiola itu sudah layak dijadikan sebagai kandidat utama juara.

Sukses yang didapat Manchester City adalah buah dari perubahan yang dilakukan Guardiola pada musim panas 2017. Setelah melewati musim 2016/2017 tanpa gelar, Guardiola mendatangkan banyak pemain anyar.

Terlepas dari hal itu, sebenarnya ada empat pemain yang menjadi tulang punggung The Citizens. Itu karena keempat pemain tersebut selalu dimainkan dalam setiap laga City di Liga Inggris.

Salah satunya adalah kiper Ederson Moraes yang didatangkan Manchester City dari Benfica dengan biaya 40 juta euro. Kehadirannya membuat Claudio Bravo lebih banyak bercengkerama di bangku cadangan.

Kepercayaan yang diberikan Guardiola pun dibayar mahal dengan aksi mengagumkan Ederson. Dari 17 laga yang dimainkan di Liga Inggris, ia hanya kebobolan 11 gol dan mencetak delapan clean sheet. Itu adalah catatan bagus untuk pendatang baru di Liga Inggris.

Selain Ederson, masih ada tiga pemain Manchester City yang selalu mendapatkan menit bermain. Berikut daftar ketiga pemain yang membantu City bisa unggul 11 poin atas Manchester United hingga pekan ke-17:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne (AFP/Oli Scarff)

Mendatangkan De Bruyne dari Wolfsburg pada musim panas 2015 adalah sebuah keputusan tepat. Sejak kehadirannya, City kini memiliki seorang kreator yang juga bisa diandalkan untuk mencetak gol.

Seperti Ederson, De Bruyne selalu tampil sebagai starter dalam 17 laga Liga Inggris yang telah dijalani City. Kontribusinya berupa koleksi lima gol dan menciptakan delapan assist.

Jika dihitung secara keseluruhan, ia sudah memainkan 112 pertandingan, mencetak 28 gol, dan mengemas 48 assist selama berseragam City. Tak percuma De Bruyne direkrut meski dengan biaya 74 juta euro.

3 dari 4 halaman

2. David Silva

Pemain Manchester City, David Silva merayakan gol ke gawang Swansea City pada lanjutan Premier League, di Liberty Stadium, Rabu (13/12). Man City mencatatkan rekor 15 kemenangan berturut-turut usai menang dengan skor 4-0. (Nick Potts/PA via AP)

Musim ini menjadi momen kebangkitan bagi Silva. Setelah kerap terganggu cedera di musim-musim sebelumnya, kini ia bisa bermain penuh sepanjang waktu. Di Liga Inggris musim ini, hanya sekali Silva menjadi pemain pengganti.

Pemain berusia 31 tahun itu juga mampu menunjukkan kontribusi vitalnya. Sukses City bertengger di puncak klasemen tak lepas dari perannya. Ia menyumbang lima gol dan delapan assist dari 17 laga.

Tentu hal itu sesuai harapan dari manajemen dan suporter kepadanya. Apalagi, saat ini Silva menjadi pemain yang paling lama membela City setelah Vincent Kompany karena sudah bergabung sejak musim panas 2010.

Ia menjadi bagian dari tim hebat City yang memenangkan trofi Liga Inggris 2013/2014, 2011/2012, Piala FA 2010/2011, Piala Liga 2015/2016, 2013/2014, dan Community Shield 2012. Dari 326 laga, Silva mengoleksi 56 gol dan 111 assist.

 

4 dari 4 halaman

1. Fernandinho

Fernandinho (AFP/Glyn Kirk).

Seperti Silva, Fernandinho juga hanya sekali tampil sebagai pengganti hingga pekan ke-17 Liga Inggris musim ini. Sisanya, ia selalu dimainkan sebagai starter. Dalam skema Guardiola, ia akan bersanding di lini tengah bersama De Bruyne dan Silva.

Meski peran aslinya adalah menjaga kedalaman, Fernandinho juga kerap membantu untuk membuat serangan City jauh lebih variatif. Bahkan, ia masih bisa menyumbang dua gol dan dua assist di Liga Inggris.

Sejak tiba dari Shakhtar Donetsk pada musim panas 2013, Fernandinho memang langsung mendapatkan peran inti. Maklum, kualitasnya sudah terbukti sejak masih di Shakhtar. Bersama City, ia pun sudah tampil dalam 205 permainan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.