Sukses

5 Bintang Serie-A yang Penampilannya Menurun Musim Ini

Andrea Belotti contohnya awalnya diprediksi akan jadi bintang Serie A

Liputan6.com, Jakarta Serie-A musim ini memunculkan banyak kejutan. Termasuk pula dari para aktor di lapangan hijau, beberapa bintang secara mengejutkan justru tampil melempem.

Siapa yang menyangka, Internazionale Milan yang musim sebelumnya cuma finis di urutan ketujuh, kali ini memimpin klasemen sementara. I Nerazzurri malah boleh dibilang sempurna karena belum sekalipun menelan kekalahan.

Demikian pula dengan AC Milan. Tetangga Inter itu sebenarnya awal musim digadang-gadang bakal menjadi kandidat kuat juara berkat aktivitas di bursa transfer. Namun nyatanya, Milan masih terpaku di urutan ketujuh, dengan 27 poin alias berselisih 16 angka dari Inter di puncak Serie A.

Kondisi serupa juga dialami beberapa pemain bintangnya. Andrea Belotti contohnya. Musim lalu, dia diprediksi akan jadi bintang masa depan dan dikaitkan dengan sejumlah klub. Tapi musim ini? Namanya belum terlihat.

Dimulai dari Belotti, berikut 5 bintang Serie-A yang menurun musim ini versi Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Andrea Belotti

Adrea Belotti (AP Photo/Alessandro Di Marco)

Belotti sukses menggemparkan sepak bola Eropa berkat penampilan heroiknya musim lalu bersama Torino, Total sepanjang musim, dia sukses kemas 26 gol untuk Torino dan cuma dua yang berasal dari penalti.

Akan tetapi, musim ini, striker 23 tahun tersebut justru tampil buruk. Dia baru mengemas tiga gol dan rataan akurasinya cuma 43 persen.

Sekadar perbandingan, dalam 16 pekan awal musim lalu, Belotti sukses mengemas 13 gol dengan akurasi tembakan mencapai 60 persen. Hal ini menjadi contoh kalau ekspetasi besar kepada pemain muda justru bisa jadi tekanan tersendiri.

3 dari 6 halaman

Leonardo Bonucci

Pemain AC Milan, Leonardo Bonucci. (Daniel Dal Zennaro/ANSA via AP)

Bonucci menjadi salah satu transfer besar yang dilakukan AC Milan musim panas lalu. Dia mendapat ekspetasi tinggi dengan penampilan impresifnya di Juventus sampai final Liga Champions.

Kendati demikian, musim ini Bonucci tak terlalu tampil optimal. Tercatat, Bonucci hanya sanggup melakukan rataan 1 tekel, 1,6 intersep, dan 0,4 blok saja tiap laganya bersama Milan.

Alhasil Milan saat ini menjadi tim terbanyak kedua kebobolan pada tujuh besar Serie-A dengan 21 gol dari 16 pertandingan. Dengan ekspetasinya yang besar, Bonucci harusnya bisa minimalisir hal tersebut.

4 dari 6 halaman

Federico Bernardeschi

Striker Juventus, Federico Bernardeschi (AP/Simone Arveda)

Bernardeschi didatangkan dari Fiorentina ke Juventus musim panas lalu. Dia juga diprediksi akan tambah mengilap di sana setelah apik bersama La Viola.

Namun demikian, faktanya dia mengalami penurunan drastis. Sejauh ini, dia hanya sanggup mengoleksi dua gol dan dua assist saja.

Bandingkan saat perkuat Fiorentina pada rentang waktu yang sama. Dari 16 pekan awal musim lalu, Bernardeschi sukses mengemas tujuh gol untuk Fiorentina. Minimnya kesempatan di Juve mungkin jadi alasan. Musim ini, dia cuma tiga kali jadi starter.

5 dari 6 halaman

Nikola Kalinic

Striker AC Milan, Nikola Kalinic. (AP/Luca Bruno)

Kalinic juga menjadi salah satu yang didatangkan AC Milan pada musim panas lalu. Mencetak 15 gol untuk Fiorentina musim kemarin jadi alasan Milan merekrutnya.

Faktanya, sejauh ini pemain asal Kroasia tersebut jauh dari ekspetasi. Meski nyaris bermain dalam setiap laganya, Kalinic hanya mampu mencetak empat gol saja buat AC Milan.

Catatan statistiknya juga tak terlalu mengilap. Dia rata-rata cuma lakukan 1,7 tembakan ke gawang, dan 0,2 kali dribble tiap pertandingan. Ada solusi buat bangkitkan Kalinic, Milan?

6 dari 6 halaman

Marek Hamsik

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, berusaha melewati gelandang Napoli, Marek Hamsik, (AP/Dave Thompson)

Napoli memang tampil gemilang sejauh ini. Mereka sukses duduk di urutan kedua dengan 39 poin, satu angka di belakang Inter Milan.

Namun demikian, penampilan Hamsik malah menurun. Pemain Slovakia itu baru kemas satu gol dan satu assist untuk Napoli.

Bila dibandingkan musim lalu, jelas ada penurunan. Pada rentang yang sama, Hamsik sukses mengemas lima gol dan enam assist untuk tim asal kota Naples itu. (Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia
    Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia

    Serie A

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia
    Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia

    Inter Milan