Sukses

Veni, Vidi, Vici, Pep Guardiola Segera Taklukkan Inggris

Guardiola membawa Manchester City menjadi tim dengan kemenangan terpanjang di Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City asuhan Pep Guardiola terus memperbarui rekor. The Citizens menorehkan hasil positif ke-16 secara beruntun di Liga Inggris.

Tidak tanggung-tanggung, Manchester City menghancurkan salah satu pesaing di papan atas, Tottenham Hotspur, dalam mencapainya. Mereka berjaya 4-1 di Etihad Stadium, Sabtu (16/12/2017) atau Minggu (17/12/2017) dini hari WIB.

Sebelumnya Manchester City sudah menunjukkan kualitas dengan menghajar Liverpool (5-0), Chelsea (1-0), Arsenal (3-1), hingga Manchester United (2-1).

Selain itu, mereka juga menunjukkan karakter dengan memastikan tiga angka melalui gol menit-menit akhir untuk menundukkan Bournemouth, Huddersfield Town, Southampton, dan West Ham United.

Sepak terjang Manchester City membuat rekor terdahulu, tercatat atas nama Arsenal dengan 14 kemenangan beruntun pada Februari hingga Agustus 2002, terlupakan. 

Sosok Guardiola pun patut dikedepankan karenanya. Ibarat Julius Caesar dengan slogan veni, vidi, vici, pelatih berkebangsaan Spanyol itu siap menaklukkan Inggris setelah semusim beradaptasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Butuh Waktu dan Investasi Lebih

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, merayakan kemenangan atas Swansea City pada laga Premier League di Stadion Liberty, Rabu (13/12/2017). Manchester City menang 4-0 atas Swansea City. (AP/Nick Potts)

Memang Guardiola membutuhkan waktu lebih banyak ketimbang pekerjaan sebelumnya untuk mencapai kesuksesan. Pada 2016/2017, Guardiola menyaksikan pasukannya menduduki peringkat tiga klasemen Liga Inggris, 15 poin di belakang sang juara Chelsea. The Citizens juga terhenti di Piala Liga Inggris (disingkirkan MU), Piala FA (Arsenal), plus Liga Champions (AS Monaco).

Sebagai perbandingan, Guardiola menjadi treble winners pada musim pertama di Barcelona (2008/2009). Dia juga membantu Bayern Munchen memenangkan Bundesliga dan DFB Pokal pada awal petualangannya di Jerman (2013/2014).

Namun, setelah melakukan investasi, terutama pada sektor sayap pertahanan, Guardiola dan Manchester City kini sulit dihentikan. Dia pun memegang rekor sebagai pelatih dengan catatan kemenangan terpanjang di tiga negara.

3 dari 3 halaman

Sukses di 3 Tim

Pep Guardiola juga sukses di Bayern Munchen. (AFP/Angelika Warmuth)

Sosok berusia 46 tahun itu membawa Barcelona mencatat 16 kemenangan di La Liga pada 2010/2011. Sementara di Bayern Munchen Guardiola menorehkan 19 hasil positif berturut-turut.

"Ini juga terjadi karena saya bersama tiga klub yang luar biasa. Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City semuanya mendukung saya serta memiliki pemain luar biasa," ungkap Guardiola, dilansir situs resmi klub.

"Tanpanya semua ini mustahil. Saya bangga bisa melakukannya bersama tiga tim itu," sambungnya.

Manchester City kini sangat diunggulkan bakal menduduki puncak klasemen Liga Inggris di akhir musim nanti. Mereka juga dipercaya berpotensi mengulang prestasi MU pada 1998/1999 dengan menyapu gelar di tiga kompetisi utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.