Sukses

Catatan Istimewa Kevin / Marcus Setelah Juara Super Series Finals

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menutup tahun 2017 dengan sempurna setelah menjuarai BWF Super Series Finals.

Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menutup tahun 2017 dengan sempurna setelah menjuarai BWF Super Series Finals di Dubai, Minggu (17/12/2017). 

Kevin/Marcus menjadi kampiun setelah mengalahkan ganda kuat China, Liu Cheng/Zhang Nan, dalam dua gim langsung, 21-16, 21-15. Ganda putra nomor satu dunia tersebut tampil hampir tanpa cela dan menang dengan meyakinkan. 

Kemenangan tersebut mengukuhkan dominasi Kevin/Marcus atas Liu/Zhang. Empat kali bertemu di ajang resmi BWF, Kevin/Marcus memenangi tiga di antaranya. 

Kemenangan Kevin/Marcus ini juga bertabur catatan spesial. Mereka telah mengukuhkan diri sebagai ganda putra dengan rekor super series terbanyak dalam satu tahun kalender. 

Sepanjang tahun 2017, ganda berjuluk The Minions tersebut meraih tujuh gelar juara di ajang super series. Selain itu, mereka mampu masuk final sembilan kali. Hanya dua kali Kevin/Marcus gagal memenangi partai final super series pada tahun ini. 

Rentetan gelar tersebut membuat Kevin/Marcus dinobatkan sebagai pemain putra terbaik Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) 2017. 

Namun, masih ada beberapa catatan spesial lain yang ditorehkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, setelah menjuarai BWF Super Series Finals 2017. Berikut lima di antaranya: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan Spesial Kevin / Marcus

1. Kevin/Marcus menjadi ganda putra yang paling banyak memenangi gelar super series dalam setahun kalender, yaitu tujuh kali. Rekor tersebut sebelumnya dipegang ganda putra legendaris Korea, Lee Yong-dae/Yoo yeon-seong, pada 2015, dengan enam gelar. Kevin/Marcus pada 2017 ini menang super series di All England, India Terbuka, Malaysia Terbuka, Jepang Terbuka, China Terbuka, Hong Kong Terbuka, dan BWF Super Series Finals. 

2. Kevin/Marcus menjadi ganda putra yang paling banyak masuk final super series dalam setahun kalender, yaitu sembilan kali. Hebatnya, dalam sembilan kesempatan itu, The Minions hanya gagal dua kali, saat di Denmark Terbuka dan Korea Terbuka. 

3. Kemenangan Kevin/Marcus menjadi penebus kegagalan Indonesia yang tahun lalu hampa gelar di BWF Super Series Finals. Terakhir, Indonesia membawa pulang gelar pada 2015, melalui ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

4. Kevin/Marcus kini total mengoleksi 10 gelar super series sepanjang karier mereka. The Minions melampaui pencapaian pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Markis Kido/Hendra Setiawan, yang mengantongi sembilan gelar super series. 

5. Kemenangan Kevin/Marcus membuat Indonesia pada mampu membawa pulang 12 gelar super series dalam setahun. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.