Sukses

Sulit Gaet Pemain Indonesia, Klub Malaysia Rekrut Pilar Kamboja

Jakarta - Klub-klub Malaysia terus membidik pemain asing asal Asia Tenggara untuk musim 2018. Setelah pemain asal Indonesia sulit didapatkan, klub-klub Malaysia kabarnya memilih mendatangkan pemain asal Kamboja.

Kabar terbaru adalah striker Timnas Kamboja, Chan Vathanaka, yang direkrut oleh Pahang FA. Chan menjadi pemain Kamboja kedua yang bergabung dengan klub Malaysia setelah sebelumnya Thierry Chantha Bin bergabung dengan Terengganu FC.

"Ada sejumlah klub lain asal Malaysia yang memberikan tawaran, tapi saya memutuskan Pahang menjadi yang paling cocok bagi saya," ujar Chan Vathanaka seperti dilansir ASEAN Football.

"Pahang adalah tim yang bagus dan mereka sangat serius untuk menjadi juara. Jadi mengambil keputusan ke sana sangat mudah. Saya berharap bisa tampil baik di Pahang," lanjut striker Timnas Kamboja itu.

Pahang merekrut Chan untuk memenuhi kuota pemain asal Asia Tenggara. Sebagai informasi, Liga Super Malaysia memberlakukan regulasi baru yaitu tiga pemain asing, plus satu pemain asing asal Asia dan satu pemain asal Asia Tenggara.

Seperti ditulis oleh Khmer Times, Chan baru saja kembali dari peminjaman ke klub Jepang, Fujieda MYFC, di mana ia gagal tampil satu kali pun sepanjang musim. Ia sempat diisukan bergabung dengan Terengganu FC yang juga mencari pemain Asia Tenggara. Namun, akhirnya klub Malaysia itu memilih mendatangkan gelandang Kamboja keturunan Prancis, Thierry Chantha Bin, pada bulan lalu.

Tak hanya kedua pemain Kamboja itu yang datang ke Malaysia. Penyerang Timnas Kamboja, Keo Sokpheng, pun telah bergabung dengan klub Liga Super Malaysia, Perbadanan Kemajuan Negeri Perak pada pekan lalu.

Eksodus pemain-pemain asal Kamboja itu tampaknya tak akan berhenti sampai di situ. Selanjutnya masih akan berlanjut gelandang Preah Khan Reach Svay Rieng, Prak Mony Udom, yang juga merasa Malaysia akan menjadi pilihan yang baik untuk melanjutkan karier.

Regulasi pemain Asia Tenggara wajib dimiliki klub Malaysia membuat begitu banyak pemain dari kawasan ASEAN yang dibidik klub-klub Malaysia. Pemain dari Indonesia pun tak luput dari bidikan.

Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn sudah menandatangani kontrak dengan Selangor FA, meski belakangan kabarnya PSSI meminta agar kontrak itu dibatalkan. Selain itu, klub Kuala Lumpur FA pun dikabarkan hendak merekrut pemain Persib Bandung, Ahmad Jufriyanto, yang akhirnya memilih menunggu kejelasan sikap dari PSSI soal izin bermain di luar negeri, terutama di Malaysia.

Artikel Selanjutnya
Timnas Vietnam U-23 Membuat Luis Milla Waspada
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Persib Inginkan Andik