Sukses

150 Wanita Tempuh 90 Km Sambut Hari Jadi WCC

Women Cycling Community (WCC) adalah komunitas pesepeda wanita terbesar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Istilah wanita sebagai wanita lemah sudah termakan zaman. Itu berubah setelah melihat langsung sepak terjang Women Cycling Community (WCC) Indonesia. Ini adalah komunitas pesepeda wanita terbesar di Indonesia. Bagi anggota WCC Indonesia, melaju di atas sepeda sejauh puluhan kilometer, bahkan ratusan kilometer bukan hal baru bagi mereka.

"WCC adalah wadah bagi pesepeda wanita untuk bersepeda atau riding bersama. Bentuknya tidak eksklusif, dan semua wanita yang suka bersepeda bisa menjadi bagian WCC Indonesia, bahkan jika ia sudah tergabung dalam komunitas lain," ujar Tabby Sumendap, founder WCC Indonesia.

WCC Indonesia sendiri berdiri sejak pertengahan 2014 atau sudah menginjak tahun ketiga di 2017 ini. Komunitas ini diinisiasi Tabby dan beberapa pesepeda wanita (yang saat itu jumlahnya masih sedikit) untuk membangun wadah yang bisa memfasilitasi aktivitas bersepeda bersama sesama pesepeda wanita.

Sebelum komunitas ini terbentuk, biasanya para pesepeda wanita bergabung komunitas pesepeda umum, yang didominasi pesepeda pria, dan kemampuan mereka rata-rata mengintimidasi para pesepeda wanita.

"Karena itu, WCC Indonesia kemudian lahir. Selain menjadi wadah untuk melakukan aktivitas bersepeda bersama sesama pesepeda wanita, komunitas ini juga dibangun untuk makin mempopulerkan olahraga bersepeda di kalangan wanita," ucap Tabby.

Saat ini, anggota WCC Indonesia tersebar di enam kota, Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Denpasar, dan Sampit. Jumlah anggotanya mencapai angka lebih dari 170 pesepeda wanita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3rd Anniversary

Meski belum memiliki struktur organisasi yang resmi, sebagai komunitas WCC Indonesia memiliki leader di tiap wilayah.

Sebagai bagian perayaan hari jadi ketiga yang jatuh pertengahan tahun ini, WCC Indonesia akan menggelar 90K WCC 3rd Anniversary Celebration Ride yang akan dilangsungkan pada 14 Januari 2018.

Konsep acara ini adalah group riding dengan rute di dalam kota Jakarta sejauh 90 kilometer. Start dan finish akan mengambil tempat di lokasi yang sama. Acara ini terbuka bagi semua pesepeda wanita dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 150 ribu rupiah.

"Kami menargetkan 150 pesepeda wanita bisa bergabung dalam 90K WCC 3rd Anniversary Celebration Ride," kata Tabby.

3 dari 3 halaman

Jarak Tempuh

Jarak 90 kilometer yang ditempuh nanti akan dibagi dalam tiga segmen dengan pitstop tiap 30 kilometer. Group riding ini akan dipimpin road captain Ade Juanita yang didampingi sejumlah marshall. Selama dalam perjalanan, rombongan akan dibagi dalam dua paceline. Start 90K WCC 3rd Anniversary Celebration Ride ini akan dilangsungkan pada pukul 06.00 WIB dengan waktu tempuh maksimal tiga jam. Partisipan yang finish di group riding ini akan mendapatkan finisher tee dan medali penamat.

"Pace yang kami terapkan akan berada di angka 25-30 km/jam," papar Ade. "Namun di lapangan, kondisi mungkin bisa berubah. Tetapi apapun itu, kami tetap mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan membuat partisipan 90K WCC 3rd Anniversary Celebration Ride tetap bersenang-senang selama perjalanan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini