Sukses

Essien Dipastikan Bertahan Bersama Persib

Michael Essien akhirnya capai kesepakatan dengan Persib untuk musim depan.

Liputan6.com, Bandung - Agen Michael Essien, Amougou Mathieu menegaskan jika kliennya bakal bertahan bersama Persib Bandung untuk satu musim kedepan. Dia mengaku Essien telah mencapai kesepakatan dengan manajemen Maung Bandung terkait perpanjangan kontrak mega bintang asal Ghana tersebut.

"Essien sudah di sini (Bandung) dan akan ikut TC (training camp) di Yogyakarta. Sudah pasti (perpanjang kontrak)," kata dia saat ditemui di Mess Persib, Jalan A. Yani, Kota Bandung, Rabu (20/12/2017).

Menurutnya, mantan pemain Chelsea itu mengurungkan niatnya untuk hijrah dan bergabung dengan tim saat dia meniti karir sepakbola di Ghana sebelum memutuskan pensiun.

"Saya sering kasih dia (Essien) semangat tapi terserah dia dan akhirnya kembali (ke Persib)," ucap dia.

Mathieu menilai Essien sangat nyaman berada di Persib. Gairah sepakbola di Indonesia dianggap sangat baik dan serasa kembali bermain diawal kariernya dan hasrat memajukan Persib semakin besar.

"Essien kan memang orang yang sangat suka dengan sepakbola datang ke Indonesia bukan karena cari uang, tapi karena suka sepakbola," katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Berbenah

Persib Latihan (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Namun marquee player skuat Maung Bandung itu menilai masih banyak hal yang harus diperbaiki agar sepakbola tanah air bisa berkembang dan berbicara banyak dalam level Asia.

"Penonton bagus, liga nya juga lumayan bagus cuma yang ada disini perjalanan jauh jadi itu kalau berangkat bisa berpengaruh pada fisik pemain kalau yang tidak biasa. Kalau pemain kualitas disini juga banyak, orang bilang disini gampang ternyata berat juga. Bedanya mungkin disiplin dan pengalaman fasilitas (di Eropa lebih baik)," ucapnya.

Bergabungnya Essien bersama tim kebanggaan bobotoh pada awal tahun 2017 sempat membuat gempar pecinta sepakbola tanah air dan menjadi pembicaraan dunia. Musim lalu, Essien berhasil mencetak lima gol dan satu assist.

3 dari 3 halaman

Sempat Terganjal Gaji

Tim Pelatih Persib (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Menurut Mathieu, pengaruh Essien pada tim sangat penting karena ia mampu berbagi pengalaman sepakbola Eropanya yang luas dengan anggota tim lainnya.

Essien sejauh ini telah mencetak lima gol dan memberikan assist selama berada di Liga 1. Sempat kesulitan beradaptasi, pesepak bola asal Ghana itu akhirnya jadi pelanggan posisi inti di Persib. Essien tercatat bermain di 29 pertandingan (2.039 menit).

Kontrak Essien sempat dipertimbangkan manajemen Persib. Nilai kontrak menjadi salah satu pertimbangan berat yang dipikirkan masak-masak oleh manajemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.