Sukses

Barcelona Lebih Solid Ketimbang Real Madrid di El Clasico

Barcelona akan menantang Real Madrid di Santiago Bernabeu, akhir pekan ini.

Liputan6.com, Madrid - Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, menilai Lionel Messi dan kawan-kawan lebih solid ketimbang Real Madrid jelang laga El Clasico. Duel Barcelona kontra Los Blancos, sebutan Real Madrid, bakal berlangsung di Santiago Bernabeu, akhir pekan ini.

Menurut Xavi, Barcelona tak kehilangan daya gedor, meski kehilangan Neymar pada bursa transfer musim lalu. Pelatih Los Blaugrana, sebutan Barcelona, Ernesto Valverde mendatangkan pemain yang tepat, Paulinho.

"Valeverde sudah membuat Barcelona terlihat seperti sebuah tim. Mereka melakukan pembelian dengan baik dan semuanya berjalan sangat positif," kata Xavi, dilansir dari Marca.

"Barcelona sangat solid dan mereka lebih layak memenangi El Clasico. Permainan mereka akan mendikte Real Madrid dari pertarungan memperebutkan gelar La Liga," ujar mantan gelandang timnas Spanyol tersebut.

Xavi sangat yakin dengan ucapannya karena Valverde menerapkan permainan yang lebih menyerang bila dibandingkan pelatih Barcelona sebelumnya. Buktinya, Los Blaugrana berhasil melepaskan sepakan sebanyak 15,8 kali per pertandingan.

"Valverde memberikan mereka sepak bola menyerang, menekan dengan baik, dan selalu menguasai permainan. Barcelona ingin mendominasi permainan di El Clasico, itu sudah pasti," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Real Madrid Pede

Namun demikian, Xavi mengingatkan, Los Blaugrana harus mewaspadai Real Madrid. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berada dalam rasa percaya diri tinggi usai memenangkan Piala Dunia Antarklub.

"Real Madrid memang sedang tidak bermain bagus di La Liga. Namun, mereka baru saja memenangi Piala Dunia (Antarklub). Itu membuat mereka optimistis," ujar pria berusia 37 tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

Statistik El Clasico

Menurut data Wikipedia, laga El Clasico sudah berlangsung selama 269 pertandingan. Sebanyak 235 pertandingan di antaranya berlangsung di kompetisi yang kompetitif.

Dari 269 laga, Los Blancos tercatat sudah meraih 99 kemenangan. Sedangkan Barcelona meraih 111 kemenangan dan sisanya, 59 laga berakhir imbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.