Sukses

Sederet Rekor NBA yang Sulit Dipecahkan

Berikut rekor di NBA yang sangat sulit dipecahkan.

Liputan6.com, Jakarta- Liga bola basket pria di Amerika Serikat atau biasa dikenal dengan sebutan NBA telah melihat beberapa hal menakjubkan. Selama 71 tahun penyelenggaraan sudah banyak catatan bersejarah yang tercipta. 

Ada beberapa catatan yang setidaknya berhasil dilampaui pemain. Entah itu karena jumlahnya tidak terlalu jauh atau NBA modern sekarang justru membuat pebasket mudah untuk menorehkan prestasi.

Tapi bukan berarti setiap catatan bersejarah dengan mudah dilampaui pebasket di zaman now. Pasalnya, masih ada beberapa catatan yang hingga saat ini belum berhasil dilewati pemain.

Apa sajakah catatan bersejarah itu, berikut 5 hal yang belum berhasil dilewati pebasket NBA hingga musim 2017/2018

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Rekor Assists John Stockton

1. Rekor Assists John Stockton

John Stockton merupakan seorang legenda NBA. Dia menghabiskan kariernya selama 19 tahun bersama Utah Jazz. Saat dia memutuskan pensiun pada 2003, point guard itu sukses menggarisbawahi namanya sebagai pengumpul assist terbanyak dengan 15.806.

Stockton meraih prestasi ini dengan rata-rata dua digit assist selama 10 musim berturut-turut. Dia tercatat bermain 16 musim penuh dengan total 82 poertandingan dan hanya absen 22 pertandingan untuk seluruh kariernya.

Selama berkarier, Stockton memiliki presentase tembakan rata-rata 0,155. Sebuah statistik yang luar biasa buat seorang pengumpan. Ketahanan untuk menjaga kemampuannya dalam mengirimkan umpan dan tembakan membuat catatan itu sulit untuk tersentuh.

3 dari 4 halaman

2. A.C. Green

2. A.C. Green

Siapa yang tidak kenal dengan A.C. Green. Dia adalah pensiunan pemain basket NBA yang telah menorehkan banyak prestasi. Salah satu hal yang masih menempel diingatan penikmat NBA adalah catatan bersejarah legenda Los Angeles Lakers dengan bermain 1.192 pertandingan secara beruntun dari 19 November 1986 hingga 18 April 2001.

Ketahanan fisik yang kuat itu membuat Green mendapat julukan Iron Man.Green telah memenangkan tiga kejuaraan NBA bersama Lakers.

Alasan utama mengapa catatan ini tidak akan pernah terputus lantaran banyak pemain yang rentan mengalami cedera. Sehingga, selama 71 tahun penyelenggaraan NBA berlangsung rekor Green masih bertahan.

4 dari 4 halaman

3. Wilt Chamberlain

3. Wilt Chamberlain

Wilt Chamberlain adalah salah satu pemain yang memegang banyak prestasi di NBA. Mulai dari kategori poin tertinggi, rebound, hingga ketahanannya di lapangan pertandingan.

Chamberlain merupakan satu-satunya pemain yang mencetak 100 poin dalam satu pertandingan NBA atau rata-rata lebih dari 40 dan 50 poin dalam satu musim. Sementara dalam kategori rebound, dia telah mencetak 23.924 rebound.

Jika ada seseorang yang memberikan argumen mengapa catatan ini tidak dapat dipecahkan, kemungkinan tidak akan ada keberatan. Namun, ada lebih banyak lagi untuk menghentikan penyebabnya.

Seperti yang diketahui kebanyakan penggemar, NBA telah menjadi liga penembak. Itu berarti tim mempekerjakan sebanyak lima penembak di lapangan setiap saat, menarik pria besar lawan dari keranjang untuk membebaskan dari upaya lawan melakukan tembakan atau rebound.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.