Sukses

El Clasico: Piala Super Spanyol Bukan Jaminan Real Madrid Perkasa

El Clasico malam ini berlangsung di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu.

Liputan6.com, Serpong - Pada pertemuan terakhir El Clasico, Real Madrid dua kali mengalahkan Barcelona di Piala Super Spanyol musim ini. Namun, itu bukan jaminan Los Blancos mampu mengalahkan Barcelona pada lanjutan La Liga di Santiago Bernabeu, malam ini WIB.

Pendapat ini disampaikan oleh Gaizka Mendieta. Mantan pemain Valencia yang kini jadi duta La Liga tersebut sengaja datang ke Indonesia untuk meramaikan acara nonton bareng El Clasico di Sumarecon Mal, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (23/12/2017).

"Madrid menang dua kali di menang lawan Barca di super cup. Itu merupakan official game pertama bagi Ernesto Valverde," kata Mendieta.

Real Madrid memang perkasa saat bertemu Barcelona di Piala Super Spanyol 2017. Pada leg pertama El Clasico yang berlangsung, 14 Agustus lalu, Real Madrid menang dengan skor 3-1. Sedangkan di leg kedua yang berlangsung tiga hari berikutnya, Real Madrid menang 2-0.

"Saat itu (Ernesto) Valverde tengah melakukan perubahan dalam skema bermainnya. Saat itu dia masih pakai 3 pemain di belakang dan itu terakhir kali dia bermain dengan sistem itu. Kemudian mengubahnya lagi dan pakai 4-4-2."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terbukti Ampuh

Perubahan ini terbukti ampuh. Sebab saat ini, Barcelona tampil gemilang di La Liga dan menjadi pemuncak klasemen dengan koleksi 42 poin. Padahal Barcelona baru saja ditinggal striker andalannya, Neymar Jr. Pemain asal Brasil itu memilih pindah ke PSG.

Sebaliknya, Madrid justru melempem di La Liga. Pasukan Zinedine Zidane masih tertinggal 11 poin dari Barca. Namun belum lama ini, Madrid berhasil merebut trofi Piala Dunia Anatarklub. Di babak final, Madrid mengalahkan Gremio dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo.

"Jadi itu merupakan tipe dan cara yang berbeda untuk memandang pertandingan nanti karena semuanya sudah berubah total," kata Mendieta.

3 dari 3 halaman

Pertama Kali ke Indonesia

Mendieta sendiri baru saja tiba di Indonesia. Ini merupakan kali pertama dia mengunjungi Tanah Air. Rencananya, Mendieta akan meramaikan acara Nonton Bareng El Clasico di Sumarecon Mal, Serpong, malam ini WIB.

Hasil Piala Super Spanyol 2017:

17/08/2017 Real Madrid 2-0 Barcelona (Piala Super Spanyol)

14/08/2017 Barcelona 1-3 Real Madrid (Piala Super Spanyol)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.