Sukses

AC Milan Kalah Lagi, Gattuso: Bukan Salah Saya

AC Milan ditumbangkan Atalanta.

Liputan6.com, Milan - Raksasa Italia AC Milan kembali menelan kekalahan saat menjamu Atalanta di San Siro dalam lanjutan Serie A Italia, Sabtu (23/12/2017). Bermain di depan pendukungnya sendiri, I Rossoneri takluk 0-2.

Salah satu gol kemenangan Atalanta dicetak pemain jebolan akademi AC Milan, Bryan Cristante. Gelandang 22 tahun itu memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Mattia Caldara pada menit 32. Sedangkan gol Atalanta lainnya dicetak Josip Ilicic di menit 71 usai meneruskan umpan tarik Leonardo Spinazzola.

Selepas pertandingan, pelatih AC Milan Gennaro Gattuso mengakui taktik timnya tidak berjalan dengan baik. Padahal dia sudah mempersiapkan tim dalam sepekan setelah kalah dari Hellas Verona 0-3 sepekan sebelumnya.

“Situasinya sangat rumit. Para pendukung protes dan kami berpikir tidak bisa berkompetisi dalam keadaan seperti ini. Saya melihat setiap pemain mencoba tetap kuat dan memberikan kemampuan terbaiknya. Namun, kenyataannya kami sangat rapuh,” ujar Gattuso kepada Mediaset Premium.

Atas buruknya performa AC Milan musim ini, Gattuso menolak disalahkan. Ia menegaskan bukan dirinya yang menjadi penyebab kekacauan di klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rapor 50 Persen Kemenangan

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso(AP/Luca Bruno)

Sejak dilatih Gattuso pada 27 November lalu, AC Milan sudah menelan tiga kekalahan dari enam pertandingan. Hasil negatif sebelumnya didapat dari Rijeka (0-2) di Liga Europa dan Verona (0-3) di Serie A.

Baru-baru ini beredar kabar, Gattuso ingin mundur dari kursi kepelatihan. Namun manajemen menolaknya. “Kalau saya berpikir saya adalah masalah Milan, saya akan mundur secepatnya. Kalau saya pikir pemain tidak mendukung saya, saya akan mundur. Tapi bukan itu masalahnya,” katanya.

“Saat ini saya memang pelatih Milan. Tapi saya paling sedikit memberi masalah di klub. Ini bukan cuma soal level kebugaran, namun ini juga perkara psikologis,” Gattuso menjelaskan.

3 dari 4 halaman

Tak Ingin Diperbandingkan

AC Milan pada masa kejayaan. (AFP/ MUstafa Ozer)

Lebih lanjut, Gattuso meminta agar tim saat ini tidak terus dibandingkan dengan era kejayaan di masa lalu. Ia mendesak para fans memberi dukungan penuh kepada timnya.

“Pemainnya beda, timnya juga sudah beda. Kami harus fokus pada masa sekarang. Masa sekarang yang penuh dengan kesusahan yang perlu dicari jalan keluarnya bersama-sama,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

Terdampar di Papan Tengah

Kekalahan atas Atalanta ini menjadi hasil negatif kedelapan AC Milan dalam 18 pertandingan Serie A. I Rossoneri kini menempati urutan 11 klasemen dengan 24 poin.

“Kami selalu mencoba menjelaskan kenapa insiden selalu menimpa kami, tapi kami juga membuat kesalahan yang menjadi penyebab situasi ini,” ucap Gattuso. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.