Sukses

PSSI Siapkan Stadion Batakan untuk Pelatnas Timnas Indonesia

Untuk menjadi tempat pelatnas Timnas Indonesia, Stadion Batakan harus dilengkapi sejumlah sarana penunjang.

Liputan6.com, Samarinda - PSSI menyiapkan Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur sebagai tempat pemusatan latihan nasional (pelatnas) bagi Timnas Indonesia.

Namun untuk menjadi tempat pelatnas Timnas Indonesia, stadion megah yang pembangunannya menelan biaya sekitar Rp 1,3 triliun itu harus dilengkapi sejumlah sarana penunjang. Sarana penunjang tersebut di antaranya mess atlet dan lapangan kecil di sekitar stadion untuk tempat pemanasan.

"Saya sudah berkomunikasi terkait hal ini dengan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan Alhamdullilah beliau memberikan respons positif, karena kami dari PSSI juga tengah mengupayakan pendanaan lain di luar APBD," kata Komite Eksekutif PSSI Yunus Nusi di Samarinda seperti dinukil dari Antara, Minggu (24/12/2017).

Menurut Yunus, perlunya infrastruktur penunjang di Stadion Batakan karena stadion berkapasitas 46 ribu penonton tersebut rencananya juga sekaligus untuk menggelar pertandingan internasional.

"Sebagai anggota Komite Eksekutif PSSI dan orang Kaltim, tentu saya harus memperjuangkan agar fasilias olahraga megah di Kaltim ini bisa bermanfaat, bukan hanya daerah, tapi untuk nasional," imbuh Yunus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Markas Persiba

Stadion Parikesit, kandang Persiba Balikpapan. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)

Stadion Batakan yang berlokasi Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, dibangun pemerintah kota setempat untuk markas Persiba Balikpapan. Selama ini, tim berjuluk Beruang Madu itu menggunakan Stadion Parikesit milik Pertamina.

Stadion ini pertama kali dibangun pada 10 Juni 2010 silam. Namun, baru digunakan oleh Persiba Balikpapan memasuki putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2017.

3 dari 3 halaman

TC Timnas Indonesia

Setelah pergantian tahun, Timnas Indonesia di semua jenjang akan kembali disibukkan dengan agenda pemusatan latihan (TC). Itu karena timnas U-16, U-19, dan U-23 sama-sama memiliki agenda penting.

Bahkan, tim kepelatihan dan PSSI sudah menyiapkan program pemusatan latihan (TC) yang digelar setiap akhir bulan pada 2018. Para pemain akan berkompetisi bersama klub selama tiga pekan, lalu di akhir bulan akan bergabung dengan TC.

Hal itu sudah masuk dalam program dan akan terus dilakukan hingga Asian Games. Nantinya, agenda TC tersebut juga bakal berbarengan dengan TC Timnas U-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.