Sukses

Kaleidoskop Olahraga Juli 2017: Transfer Mesin Gol Liga Inggris

Pertengahan 2017 diwarnai dengan berbagai peristiwa menarik di dunia olahraga.

Jakarta - Pertengahan 2017 diwarnai dengan berbagai peristiwa menarik di dunia olahraga. Ada kabar suka maupun duka, di kancah nasional maupun internasional. 

Bola.com mencoba merangkum sejumlah catatan dunia olahraga dalam bentuk kaleidoskop. Berikut ini adalah rangkuman peristiwa yang terjadi pada Juli 2017:

Zlatan Ibrahimovic dan Deretan Penyerang Anyar Premier League

Manchester United tidak memperpanjang kontrak Zlatan Ibrahimovic pada Juli 2017. (EPA/Peter Powell)

Awal Juli 2017 di Premier League 2017, ditandai dengan berakhirnya kontrak Zlatan Ibrahimovic dengan Manchester United. Cedera yang menimpa Ibrahimovic membuat manajemen The Red Devils ragu untuk menambah masa kerja sang pemain.

Selain itu, Manchester United juga melepas Wayne Rooney ke Everton secara cuma-cuma. Hal tersebut memicu polemik, karena Rooney berstatus sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub dengan 253 gol selama 13 tahun berkostum The Red Devils.

Kepindahan Rooney memicu transfer Romelu Lukaku ke Manchester United. Transfer tersebut membuat Chelsea berang karena telah melakukan pendekatan kepada Lukaku.

Pada akhirnya, Chelsea memboyong Alvaro Morata dari Real Madrid. Morata ditugaskan menjadi striker utama menggantikan peran Diego Costa yang terusir dari skuat The Blues.

Chelsea merekrut Alvaro Morata dari Real Madrid. (doc. Chelsea FC)

Sebelumnya, Liverpool sukses mendatangkan Mohamed Salah dari AS Roma. Pemain asal Mesir tersebut tercatat sebagai pembelian termahal The Reds setelah diboyong seharga 37 juta pounds (Rp 670,34 miliar).

Arsenal juga memiliki striker anyar setelah merekrut Alexandre Lacazette dari Olympique Lyon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

La Liga dan Serie A

Isu Neymar Hengkang dari Barcelona Bergejolak

Neymar (AFP/Getty Images/Mike Ehrmann)

Kegiatan transfer di La Liga terpusat kepada Neymar. Pemain asal Brasil tersebut ingin meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan PSG.

Setelah tarik ulur mengenai kepindahan Neymar selama Juli, sang pemain akhirnya hijrah ke PSG pada Agustus 2017 dengan status sebagai pemain dengan nilai transfer termahal di dunia. Nilai yang harus dikeluarkan PSG disebut mencapai 222 juta euro (Rp 3,57 triliun).

Leonardo Bonucci Gabung AC Milan

Leonardo Bonucci tinggalkan Juventus dan bergabung dengan AC Milan. (doc. AC Milan)

AC Milan mencuri perhatian di sepak bola Italia setelah jor-joran pada bursa transfer pemain. Secara mengejutkan, Rossoneri mengamankan jasa Leonardo Bonucci setelah menebusnya dari Juventus seharga 42 juta euro (Rp 675,94 miliar).

Kepindahan Bonucci menimbulkan spekulasi adanya perpecahan di skuat Juventus. Namun, pihak Bianconeri bersikap tenang dalam menanggapi isu tersebut.

Selain itu, AC Milan juga diguncang polemik internal yang melibatkan Gianluigi Donnarumma. Kiper tersebut menolak untuk memperpanjang kontrak bersama klub. Namun pada akhirnya, ia menandatangani kontrak baru yang membuatnya terikat hingga Juni 2021.

3 dari 5 halaman

Sepak Bola Internasional

Jerman Juara Piala Konfederasi 2017

Gelandang Jerman, Julian Draxler, memegang piala merayakan gelar juara Piala Konfederasi di Stadion Saint Petersburg, Rusia, Minggu (2/7/2017). (AFP/Franck Fife)

Piala Konfederasi 2017 diadakan di Rusia pada 17 Juni - 2 Juli. Jerman yang berstatus sebagai juara dunia 2014, berhadapan dengan Cile yang menjuarai Copa America 2015 pada laga final.

Jerman keluar sebagai juara setelah menang dengan skor 1-0 dalam laga yang berlangsung di Krestovsky Stadium pada 2 Juli 2017. Gol semata wayang Jerman dicetak oleh Lars Stindl pada menit ke-20.

Tragedi Abdelhak Nouri

Abdelhak Nouri mengalami kerusakan otak permanen setelah kolaps dalam laga uji coba. (EPA/Sander Koning)

Sepak Bola Internasional digemparkan dengan tragedi yang menimpa bintang muda Ajax, Abdelhak Nouri. Pemain berdarah Maroko tersebut kolaps saat Ajax sedang beruji coba dengan Werder Bremen (8/7/2017).

Tindakan tanggap dari tim medis tidak bisa membuat kondisi Nouri stabil. Ia dilarikan ke rumah sakit dan mengalami kerusakan otak secara permanen.

Chester Bennington Tinggalkan Duka untuk Ipswich Town

Chester Bennington, vokalis Linkin Park. (foxnews.com)

Klub asal Inggris, Ipswich Town, merasakan duka mendalam setelah kehilangan satu di antara suporter spesialnya, yaitu Chester Bennington yang juga merupakan vokalis utama dari grup Linkin Park.

Sebelumnya, Bennington menyatakan sebagai suporter Ipswich Town mengikuti jejak sang ayah, Lee Bennington.

4 dari 5 halaman

Sepak Bola Nasional

Persib Putus Kontrak Carlton Cole

Striker Persib Bandung asal Inggris, Carlton Cole (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pada awal musim 2017, Persib Bandung mengguncang dunia sepak bola setelah mendatangkan dua pemain yang pernah berkarier di Premier League, yaitu Michael Essien dan Carlton Cole.

Namun, kebersamaan Persib dengan Carlton Cole tidak bertahan lama. Pada tengah musim, manajemen Maung Bandung memutuskan untuk mengakhiri kontrak Cole karena performa yang tidak kunjung meningkat.

Selain itu, Indonesia juga menjadi obyek studi oleh mantan penggawa Manchester United, Gary Neville.

Neville menyaksikan dua pertandingan Liga 1, yaitu laga Bali United vs PSM Makassar dan PS TNI vs Semen Padang.

Ricko Andrean, bobotoh korban permusuhan panas suporter Persib dengan Persija. (Bola.com/Instagram Persib)

Berita duka juga terjadi di sepak bola nasional, yaitu meninggalkan suporter Persib Bandung, Ricko Andrean, akibat tindakan kekerasan yang terjadi antarsuporter.

5 dari 5 halaman

Marc Marquez dan Roger Federer

Marc Marquez Juara Paruh Musim

Selfie Valentino Rossi bersama Marc Marquez dan Dani Pedrosa di podium MotoGP Jerman. (AP Photo/Jens Meyer)

Marc Marquez tampil brilian di GP Jerman setelah mengamankan podium pertama. Pencapaian tersebut mengantarkannya ke peringkat pertama dengan koleksi 129 poin, unggul lima poin atas Maverick Vinales. Marquez pun mengukuhkan diri sebagai juara paruh musim MotoGP 2017.

Roger Federer Cetak Sejarah di Wimbledon

Petenis Swiss, Roger Federer mencium trofi setelah melawan petenis Kroasia, Marin Cilic pada pertandingan final tunggal putra Kejuaraan Wimbledon 2017 di Wimbledon, London. (16/07). Roger Federer menang 6-3, 6-1, 6-4. (AFP Photo / Adrian Dennis)

Roger Federer mencatatkan sejarah sebagai petenis dengan gelar Wimbledon terbanyak. Pada final Wimbledon 2017, petenis asal Swiss tersebut mengalahkan Marin Cilic tiga set langsung (16/7/2017).

Gelar tersebut menjadi gelar kedelapan Federer selama berkompetisi di Wimbledon.

Sementara itu di sektor putri, petenis Prancis Garbine Muguruza meraih gelar Wimbledon setelah menundukkan Venus Williams (15/7/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini