Sukses

Inasgoc Tawarkan Hak Siar Ujicoba Asian Games

Dari sembilan cabang olahraga Asian Games, hanya empat yang ditawarkan kepada calon pemegang hak siar.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) terus berusaha menjual hak siar pertandingan ujicoba kejuaraan multicabang olahraga empat tahunan itu. Test event Asian Games ini bakal dipusatkan di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 10-24 Februari 2018.

Direktur Penyiaran Inasgoc Linda Wahyudi mengatakan dari sembilan cabang olahraga, hanya empat yang ditawarkan kepada calon pemegang hak siar sesuai dengan tingkat ketertarikan masyarakat.

"Yang kami tawarkan adalah sepak bola, bola voli, bola basket 5X5, dan seni bela diri (tinju/pencak silat/taekwondo). Ini adalah cabang yang paling diminati masyarakat. Tetapi, hingga saat ini belum ada yang beli," kata Linda kepada media di Jakarta, Rabu (27/12/2017), seperti dinukil dari Antara.

Pertandingan ujicoba yang diwajibkan Dewan Olimpiade Asia (OCA) sebenarnya ada 10 cabang olahraga. Namun, satu cabang olahraga menggelar terlebih dahulu, yaitu bulu tangkis. Pertandingannya digelar di Istora Senayan Jakarta pada akhir Januari 2018.

Menurut dia, saat ini pihaknya terus berusaha menawarkan hak siar ke beberapa televisi, terutama di Indonesia. Dengan sisa waktu yang ada, dia berharap hak siar ujicoba Asian Games 2018 bisa terealisasi. Apalagi, dana yang disiapkan untuk ujicoba terutama dari sisi penyiaran tidak besar.?

"Kami punya anggaran cuma Rp9 miliar. Semoga bisa keluar," ucap Linda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atletik

Logo Cabang Atletik - Asian Games 2018. (asiangames2018.id)

Terkait Atletik, Linda mengatakan pihaknya sulit menawarkan hak siar. Meski cabang ini cukup menarik, perlu anggaran yang besar untuk menyiarkannya.

"Untuk atletik, kami nilai cukup berat. Butuh kamera sekitar 43 unit. Sewanya besar banget. Jumlah kamera segitu sudah bisa untuk tiga sampai empat cabang," paparnya.

3 dari 3 halaman

Persiapan

Sementara itu, persiapan atlet untuk menghadapi ujicoba terus berjalan. Sembilan cabang olahraga yang bersiap diri adalah atletik, panahan, bola basket 5X5, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo, bola voli, dan angkat besi.

Khusus untuk sepak bola, pertandingan akan digelar di tiga tempat yaitu Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Patriot Bekasi, dan Stadion Wibawamukti Cikarang yang semuanya di Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.