Sukses

Tim Ganda Putri Bulu Tangkis Siap Pertahankan Emas di Asian Games

Di Asian Games 2014, ganda putri mendapat medali emas lewat pasangan Greysia Polii / Nitya Krishinda Maheswari.

Liputan6.com, Jakarta - Tim bulu tangkis Indonesia punya target khusus di Asian Games 2018. Mereka berambisi mempertahankan medali emas yang diraih Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari di Asian Games 2014.

Hal ini diungkap pelatih ganda putri, Eng Hian. "Apalagi Indonesia jadi tuan rumah, tentu kami ingin memberikan yang terbaik. Mudah-mudahan kami bisa mempertahankan gelar di tengah persaingan ganda putri saat ini yang memang cukup ketat," kata Eng Hian, dalam keterangan tertulisnya, seperti dirilis Antara.

Karena itu, Eng Hian dan pasukannya jelang Asian Games terus melakukan persiapan maksimal. Salah satunya, mengubah pasangan sejak pembukaan musim 2018. Greysia misalnya, sempat dicoba berpasangan dengan juniornya, Apriyani Rahayu. Dan, itu terbukti berhasil.

Greysia/Apriyani sukses menjuarai Thailand Terbuka Grand Prix Gold 2017 dan Prancis Super Series 2017, meski belum setahun dipasangkan.

Pasangan ini juga sempat masuk 10 besar dunia. Tak pelak, Greysia/Apriani pun kini jadi andalan utama ganda putri Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Empat Pasangan

Pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari meraih medali emas di Asian Games 2014. (AFP/Ed Jones)

Tapi, menurut Eng Hian, dia butuh lebih dari satu pasangan untuk mewujudkan target medali emas Asian Games 2018. "Kuota pasangan ganda putri di Asian Games hanya dua pasang," ujarnya.

Dia menambahkan, "Tapi, saya harus mempersiapkan tiga sampai empat pasangan. Akan dilihat lagi siapa yang mampu bersaing memperebutkan tiket ke Asian Games 2018."

3 dari 4 halaman

Kepastian Januari

Pelatih Kepala Ganda Putri Utama Pelatnas PBSI, Eng Hian. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Eng Hian menyebut, baru Januari mendatang, dia bisa memastikan pasangan ganda putri utama. Setidaknya, dia akan mencobanya terlebih dahulu di ajang Thailand Masters, Malaysia Masters, Indonesia Masters dan India Masters 2018.

"Saya masih mau pantau hasil di turnamen bulan Januari. Kalau juara ya buat apa dirombak lagi. Alasan saya ingin bongkar pasang ini kan karena hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi," ucap Eng.

4 dari 4 halaman

Daftar Atlet Ganda Putri

Greysia Polii

Apriyani Rahayu

Anggia Shitta Awanda

Ni Ketut Mahadewi Istarani

Della Destiara Haris

Rizki Amelia Pradipta

Nitya Krishinda Maheswari

Yulfira Barkah

Rosyita Eka Putri

Sari Meirisa

Cindy Sahputri

Pratama:

Siti Fadia

Silva Ramadhanti

Agatha Imanuela

Jauza Fadhila Sugiarto

Ribka Sugiarto

Tania Oktaviani Kusumah

Vania Arianti Sukoco

Febriana Dwipuji Kusuma

Serena Kani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.