Sukses

Alasan Liverpool Beli Van Dijk dengan Transfer Mahal

Liverpool resmi memboyong Van Dijk dari Southampton dengan transfer Rp 1,4 triliun.

Liputan6.com, Liverpool - Jurgen Klopp mengakui harga transfer Virgil van Dijk yang dibeli 75 juta pounds (Rp 1,4 triliun) sangat mahal untuk Liverpool. Namun dia beralasan, Liverpool hanya menyesuaikan dengan kondisi pasar.

Van Dijk seperti diketahui resmi gabung Liverpool di bursa transfer Januari ini. Liverpool bersedia bayar Van Dijk mahal setelah beberapa kali penawaran mereka ditolak.

Klopp ibarat menjilat ludah sendiri. Sebelumnya, dia sempat mengkritik Manchester United yang memboyong Romelu Lukaku 89 juta pounds.

Kala itu, Klopp juga berujar Liverpool tak punya banyak pilihan di bursa transfer. Apalagi setelah Neymar dibeli PSG seharga 222 juta euro.

"Harga transfer 75 juta pounds tentu sangat baik untuk Southampton. Mereka juga ingin membangun skuat mereka," kata Klopp seperti dikutip soccerway.

"Harga ini tidak bagus, tapi itulah pasar sekarang, itulah yang terjadi di dunia. Kami harus menyesuaikan diri," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perpanjang Kontrak

Virgil van Dijk resmi hengkang dari Southampton untuk bergabung dengan Liverpool (Twitter)

Harga Van Dijk bertambah mahal setelah dia meneken perpanjangan kontrak dengan Southampton pada Mei 2016. Saat itu, kontraknya berakhir hingga 2022.

Klopp juga membenarkan faktor itu turut melambungkan harga Van Dijk. Dia berharap fans tidak menghiraukannya.

"Van Dijk punya kontrak panjang di Southampton. Itulah yang terjadi. Ini dimulai beberapa tahun lalu," katanya.

"Kami punya peluang untuk membelinya dan itulah mengapa dia bakal jadi pemain Liverpool. Apakah saya menyukainya? Tidak. Ini malah menambah tekanan di segala hal," ujarnya, menambahkan.

3 dari 3 halaman

Acuhkan Harga

Pemain Liverpool, Roberto Firmino merayakan golnya ke gawang Swansea City pada laga pekan ke-20 Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu (27/12). Dua gol Firmino membawa Liverpool meraih kemenangan lima gol tanpa balas. (Peter Byrne/PA via AP)

Maka itu, Klopp minta fans Liverpool untuk mengacuhkan harga Van Dijk. The Reds harus segera bersiap untuk menghadapi Leicester City pada malam nanti.

"Itulah mengapa fans Liverpool harus melupakannya dengan cepat. Dia pemain yang kami butuhkan. Dia bisa tampil lebih baik dan dia butuh adaptasi," ujarnya.

"Banyak hal yang harus dikerjakannya di sini. Dia banyak berkembang di beberapa tahun terakhir, melakukan banyak hal besar, itu hal bags," katanya, menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.