Sukses

MotoGP: Balapan hingga Tua, Marquez Siap Jejaki Rossi?

Marquez tak ingin memaksakan tubuhnya untuk terus berkarier di MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta - Valentino Rossi adalah contoh nyata pembalap MotoGP yang tak termakan usia. Pada persaingan 2018, pembalap Movistar Yamaha itu akan berusia 39 tahun dan masih dianggap sebagai salah satu kandidat juara.

Rossi sejatinya sudah berulang kali mendapat pertanyaan soal kapan dirinya akan pensiun dari MotoGP. Namun, berulang kali pula ia memberikan jawaban yang membuat publik terheran-heran.

Awalnya, pembalap Movistar Yamaha itu sempat menyebut keputusan pensiun akan diambil usai enam balapan paruh pertama MotoGP 2018. Namun, belum lama ini ia juga mengakui dirinya sangat takut mengambil keputusan pensiun.

Padahal, para pembalap yang sempat menjadi rival The Doctor seperti Casey Stoner sudah memutuskan untuk pensiun. Namun, Rossi masih terus berjuang dengan kondisi fisik yang bagus. Soal itu, Marc Marquez menilai bahwa Rossi dan Casey memiliki latar belakang yang berbeda.

"Valentino adalah lawan Stoner. Karakter Casey membuat dirinya pensiun usai meraih banyak podium dan kemenangan. Sementara Rossi masih didukung peternakannya dan latihannya yang bagus. Yang bisa saya katakan, saya akan terus membalap selama tubuh saya mampu. Itu semua juga tergantung dari sikap mental," kata Marquez, dilansir Speedweek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lampaui Gelar Rossi?

Valentino Rossi (AFP/Juan Mabromata)

Di sisi lain, The Baby Alien adalah salah satu pembalap yang diprediksi bisa melampui sembilan gelar milik Rossi. Dalam lima musim saja, ia sudah mengumpulkan empat gelar juara dunia MotoGP. Artinya, saat ini ia sudah meraih enam gelar di semua kelas.

Hebatnya, sukses itu didapat Marquez saat ia baru berusia 24 tahun. Ia hanya butuh tiga gelar lagi untuk menyamai pencapaian Rossi. Jika melihat penampilannya selama lima musim terakhir, menambah tiga atau empat gelar bukan sesuatu yang mustahil bagi pembalap asal Spanyol itu.

"Jujur, dalam berlomba, saya tidak pernah menetapkan jumlah gelar. Tapi saya punya impian untuk memenangkan kejuaraan. Memang benar saya sudah menang banyak. Namun setiap tahunnya berbeda, jadi saya terus mencoba," ungkap Marquez dikutip GPone.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Marquez di Semua Kelas

125cc: 46 balapan, 10 menang, 14 podium, 14 pole, 9 fastest lap, 467 poin

Juara: 2010

Moto2: 32 balapan, 16 menang, 25 podium, 14 pole, 7 fastest lap, 579 poin

Juara: 2012

MotoGP: 90 balapan, 35 menang, 63 podium, 45 pole, 37 fastest lap, 1.534 poin

Juara: 2013, 2014, 2016, 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.