Sukses

4 Pemain Liga Inggris yang Wajib Ganti Klub di Bursa Januari

Bursa transfer Liga Inggris dibuka pada 1 Januari 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer musim dingin 2018 Liga Inggris resmi dibuka, Senin (1/1/2018). Tercatat ada beberapa nama yang harus memanfaatkan momen ini untuk berganti seragam.

Salah satu pemain Liga Inggris itu adalah Theo Walcott. Dia sudah melakoni musim ke-12 di Arsenal. Namun Walcott jarang masuk tim reguler The Gunners. Padahal dia telah mencapai 28 tahun, usia emas pesepakbola.

Tidak hanya di klub, Walcott juga terancam gagal mengamankan tempat di timnas di Piala Dunia 2018.

Ironis mengingat dia tampil di turnamen tersebut saat berumur 17 tahun ketika Sven-Goran Eriksson secara mengejutkan memanggilnya untuk kompetisi di Jerman pada 2006.

Musim ini Walcott cuma bermain 48 menit di Liga Inggris. Dia lebih sering tampil di Liga Europa dan Piala Liga Inggris. Dalam kondisi ini, jelas waktunya bagi pemain terlama di skuat Arsenal mencari tempat baru.

Selain Walcott, siapa saja pemain yang wajib pindah? Berikut empat di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daniel Sturridge

Daniel Sturridge. (AP/Rui Vieira)

Masa depannya di Liverpool masuk spekulasi tabloid dalam beberapa tahun terakhir. Dia jarang masuk rencana Jurgen Klopp dan berstatus pelapis Roberto Firmino.

Cedera dan masalah fisik menjadi alasan mengapa performanya menurun. Ironis karena Sturridge tampil fenomenal pada 2013/2014 ketika mencetak 24 gol dari 33 penampilan di seluruh kompetisi.

Jika Sturridge mau masuk timnas dan kontraknya di Liverpool berakhir pada 2019, rasanya masuk akal bagi setiap pihak untuk mengambil keputusan berpisah.

3 dari 5 halaman

Luke Shaw

Luke Shaw. (Oli SCARFF / AFP)

Diprediksi memiliki masa depan cerah ketika Manchester United menjadikannya remaja termahal dunia pada 2014. Tapi perkembangan kariernya tidak berjalan sesuai rencana.

Cedera patah kaki menghambat perkembangannya. Dia juga tidak mampu mencuri perhatian Jose Mourinho.

Belakangan Shaw memang masuk tim utama MU. Namun kondisi itu lebih disebabkan badai cedera yang menyerang Old Trafford, bukan karena kemampuannya. Jika mau memenuhi potensi, mungkin ada baiknya Shaw mencari waktu bermain reguler di tempat lain.

4 dari 5 halaman

Ross Barkley

Ross Barkley. (AFP/Glyn Kirk)

Everton terkesan bakal menjual Barkley ke Chelsea pada hari terakhir bursa transfer musim panas lalu. Namun, perubahan hati mendadak membuatnya menetap di Goodison Park.

Barkley menghabiskan paruh pertama 2017/2018 di ruang perawatan untuk memulihkan cedera hamstring. Kini namanya kembali masuk pemberitaan.

Sam Allardyce mengaku siap menerima Barkley. Masalahnya kontraknya di Everton habis pada akhir musim. Dengan Barkley enggan meneken perjanjian baru, bola kini berada di tangan Chelsea dan Tottenham Hotspur untuk mengajukan penawaran.

5 dari 5 halaman

David Luiz

David Luiz. (AFP/Paul Ellis)

Satu-satunya pemain non-Inggris yang masuk daftar. Musim lalu skenario kepergian Luiz tidak terbayangkan mengingat perannya membantu Chelsea juara liga.

Tapi situasi sudah berubah. Dia berselisih dengan Conte. Luiz kehilangan tempat dari Andreas Christensen, bek muda yang diprediksi Conte bakal menjadi kapten masa depan The Blues.

Meski begitu, Luiz tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan. Real Madrid dan Barcelona dikabarkan menginginkan jasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.