Sukses

Barcelona Pecundangi Real Madrid soal Pendapatan Hak Siar

Barcelona juga mengalahkan Real Madrid 3-0 di Santiago Bernabeu pada pekan ke-17 La Liga.

Liputan6.com, Barcelona - Status juara Liga Spanyol dan Liga Champions tak lantas membuat keuntungan Real Madrid lebih besar dari Barcelona. Perkara hak siar, Blaugrana lebih untung dari Los Blancos.

Klub asal Katalan itu menerima bayaran 146,2 juta euro sepanjang musim lalu dari hak siar televisi. Barcelona mendapat 7 juta euro lebih banyak dari yang diterima Real Madrid.

Total 20 klub yang berlaga di La Liga Spanyol meraih pendapatan 1,247 miliar euro dari hak siar televisi. Jumlah itu naik dari tahun sebelumnya yang mencapai 1,237 miliar euro.

Seperti dilansir dari Marca, Barcelona memperoleh 6,2 juta euro lebih banyak dibandingkan setahun sebelumnya. Lionel Messi dan kawan-kawan terbukti menjadi magnet untuk disaksikan pencinta sepak bola di seluruh dunia bila dibanding Real Madrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhitungan 5 Tahun Terakhir

Perhitungan ini didasarkan pada angka yang dicapai lima tahun terakhir. Itu menjelaskan kenapa Barcelona meraup pendapat lebih besar ketimbang Real Madrid.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berada di posisi kedua soal pendapatan dari hak siar televisi. Di urutan ketiga terdapat tim sekota El Real, Atletico Madrid, dengan meraup 99 juta euro.

Di peringkat keempat ada Athletic Bilbao dengan raihan71 juta euro. Sementara itu, Leganes, yang berstatus tim promosi musim lalu menjadi klub La Liga yang menerima bayaran hak sial terkecil, yakni 39,3 juta euro.

3 dari 3 halaman

Puncaki Klasemen

Barcelona saat ini masih memuncaki klasemen sementara La Liga dan belum terkalahkan. Tim asal Katalan ini mengoleksi 45 poin dari 17 laga.

Real Madrid sekarang menduduki peringkat keempat klasemen dengan mengumpulkan 31 poin dari 16 pertandingan. Tim asuhan Zinedine Zidane tertinggal 14 poin dari Blaugrana. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.