Sukses

5 Pemain Paling Berpengaruh dalam Sejarah Barcelona

Barcelona merupakan salah satu klub terbaik di dunia.

Liputan6.com, Barcelona - Didirikan sejak 1899, Barcelona terus berkembang dan menjadi tempat bagi pemain hebat. Los Blaugrana, sebutan Barcelona, juga menjadi pelabuhan nyaman bagi para pemain muda yang ingin menimba ilmu sepak bola.

Sejak berdiri, klub asal Catalonia itu sukses merengkuh 24 gelar La Liga, lima Liga Champions, 29 Copa del Rey, hingga tiga Piala Dunia Antarklub. Mereka juga punya akademi pemain muda terkenal bernama La Masia.

Bahkan, lulusan La Masia banyak sekali yang terlibat dalam revolusi klub seiring berjalannya waktu. Sosok-sosok inilah yang menjadi motor berubahnya Barca menjadi klub menakutkan di Eropa.

Ada lima pemain berpengaruh dalam perjalanan sejarah Barcelona. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Xavi Hernandez

Lulusan La Masia, Xavi memulai debutnya bersama Barcelona pada usia 18 tahun. Hingga kini, dia dianggap sebagai pesepak bola Spanyol paling sukses dalam sejarah.

Dia terlibat dalam 767 pertandingan bersama Barcelona yang mengiringi perjalanan 17 tahunnya. Dia merupakan contoh nyata bagi pesepak bola manapun.

Xavi merupakan sinyal lahirnya gelandang modern yang mengenalkan gaya Tiki-taka. Dia berpengaruh dalam perjalanan Barcelona yang tak terlupakan.

3 dari 6 halaman

Pep Guardiola

Guardiola merupakan salah satu sosok paling sukses di klub Catalonia itu. Dengan menjadi pelatih dan pemain, Pep sangat berpengaruh bagi El Barca.

Saat menjadi pemain, Pep merupakan seorang gelandag. Dia memenangkan enam La Liga, dua Copa del Rey, dan satu Piala Eropa. Saat jadi manajer, Guardiola yang memperkenalkan Tiki-taka ke dunia sepak bola modern.

Selama jadi pelatih, Pep sukses mempersembahkan 14 gelar dalam empat tahun di klub tersebut. Tak diragukan, dia bukan cuma paling berpengaruh, tapi seorang legenda di sana.

4 dari 6 halaman

Lionel Messi

Kapten Timnas Argentina ini sukses menyulap dunia sepak bola sejak era 2000-an. Dia merupakan salah satu yang tersukses dan mengantarkan Barca ke era baru.

Dengan 364 gol, Messi merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa La Liga. Dia memenangi 29 tropi bersama klub Catalonia, termasuk empat Liga Champions, dan delapan La Liga.

Messi jelas sebuah fenomena. Peraih lima Ballon d'Or itu merupakan inspirasi bagi pesepak bola muda saat ini. Dia memberi pengaruh ke generasi baru untuk meniru kesuksesannya di Barca.

5 dari 6 halaman

Laszlo Kubala

Kubala dianggap oleh banyak orang sebagai pesepak bola terbesar dari generasinya. Dia merupakan bagian dari tim Barcelona yang sukses tahun 1950-an.

Sosok asal Hungaria itu mencetak 194 gol dalam 256 penampilannya untuk klub Catalonia tersebut. Dia adalah alasan utama mengapa Barcelona memutuskan untuk membangun stadion baru, Camp Nou. Penggemar Barcelona memilihnya sebagai pemain terhebat abad ke-20.

Patung perunggu di luar Camp Nou mengingatkan semua orang tentang warisan yang telah dia bangun di Spanyol. Dia kemudian melatih Barca dalam dua periode dan tim nasional Spanyol selama 11 tahun. Dia juga mematahkan dominasi Real Madrid di Spanyol, dan menghancurkan mereka di Piala Eropa 1961.

6 dari 6 halaman

Johan Cruyff

Pemain asal Belanda itu bergabung dengan Barca pada tahun 1973 dengan biaya transfer rekor dunia sebesar 6 juta gulden (mata uang Belanda). Dia kemudian mengubah sejarah raksasa Catalonia.

Bermain hanya selama 5 musim, kontribusi terbesarnya datang sebagai manajer. Johan Cruyff merevolusi filosofi sepak bola Barcelona. Karya terbesarnya di Camp Nou adalah terciptanya La Masia.

La Masia yang melahirkan beberapa nama terkenal, semacam Xavi Hernandez, Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets ke seluruh dunia.

Cruyff mengubah klub dan membawa mental juara. Dia meletakkan dasar-dasar yang sistematis untuk gaya sepak bola baru, yang kemudian menjadi identitas bagi klub.

Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana
    Xavi Hernandez merupakan eks pemain sekaligus legenda FC Barcelona yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Blaugrana

    Xavi Hernandez

Video Terkini