Sukses

MU Jadikan SSC Cup Ajang Seleksi Pemain

Pertandingan pembuka Suramadu Super Cup tetap akan dimulai hari ini

Liputan6.com, Bangkalan - Madura United (MU) akan berulang tahun pada 10 Januari 2018. Salah satu rangkaian agenda dalam milad itu adalah menggelar turnamen bertajuk "Suramadu Super Cup" (SSC) 2018.

Selain MU sebagai tuan rumah turnamen, tiga tim memastikan ikut Suramadu Super Cup. Ketiga tim itu adalah Persela Lamongan, Persija Jakarta dan Kedah FA, tim asal Malaysia.

“Semua tim sudah tiba di Bangkalan dan sudah uji coba lapangan,” kata manajer Madura United, Haruna Soemitroe.

Akhir pekan lalu, pelatih dan manajer keempat tim menggelar technical meeting. Rapat memutuskan mengubah lagi jadwal pertandingan karena berbarengan dengan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Kabupaten Bangkalan.

Namun, manajer MU ini memastikan pertandingan pembuka Suramadu Super Cup tetap akan dimulai hari ini, Senin (8/1/2018). Perubahan hanya jadwal pertandingan hari kedua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadiah Uang

Semula laga dijadwalkan pada tanggal 10 Januari, tapi kemudian dimajukan 9 Januari. Pasalnya, pada 10 Januari merupakan hari terakhir pendaftaran Pilkada.

“Jadi turnamen istirahat dua hari, karena tanggal 10 hari terakhir pendaftaran Pilkada. Sedang tanggal 11 sebagian pemain di masing-masing tim ada yang dipanggil memperkuat Indonesia Selection,” terang Haruna.

Sejatinya, kata dia, SSC adalah laga friendly macth yang dikonsep turnamen. Namun, karena sejumlah tim menanyakan apakah ada piala dan hadiah, manajemen memutuskan membelikan trofi sekaligus uang tunai, tapi nominalnya dirahasiakan.

“Saat banyak yang bertanya apakah ada pialanya, saya sedang di Singapura, jadi saya langsung beli piala di sana,” tutur dia.

3 dari 4 halaman

Dua Piala

Ada dua piala yang dibeli. Satu untuk trofi SSC 2018, dan lainnya untuk piala bergilir. “Karena ada piala bergilir, turnamen ini akan diagendakan tiap tahun,” kata Haruna.

Semula, Haruna menambahkan, turnamen SSC akan disiarkan salah satu televisi lokal. Namun karena tak mendapatkan sponsor, pihak televisi membatalkan. Sebagai gantinya, semua pertandingan akan disiarkan live streaming di akun youtube Madura United TV.

4 dari 4 halaman

Ajang Seleksi Pemain

Setelah rapat selesai, masing-masing tim menggelar jumpa pers. Tim pelatih Madura United, Persela Lamongan, Persija dan Kedah FA kompak mengatakan turnamen SSC akan jadi ajang seleksi pemain.

“Tidak menutup kemungkinan, pemain yang sudah dikontrak akan dicoret kalau tak sesuai espektasi,” kata Haruna.

Hal senada diungkapkan Pelatih Kedah FA, Ramon Marcote. Dia menilai tim-tim di Indonesia sangat baik dan ketat dalam permainan. Sebab itu, dia melihat ikut turnamen SSC akan jadi ujian mental bagi timnya.

“Bahkan kalau ada pemain Indonesia yang bagus tidak menutup kemungkinan akan kami rekrut,” ujarnya sambil tersenyum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.