Sukses

Jelang Timnas Indonesia Vs Islandia, 640 LED Terangi SUGBK

Sebelum melawan Timnas Indonesia, Islandia dijadwalkan menghadapi Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo

Liputan6.com, Jakarta - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) siap menggelar pertandingan. Duel Timnas Indonesia kontra Islandia, 14 Januari mendatang, bakal menjadi debut SUGBK menggelar pertandingan setelah direnovasi.

Presiden Joko Widodo dipastikan bakal meresmikan SUGBK sekaligus menonton pertandingan Timnas Indonesia melawan salah satu peserta Piala Dunia 2018. Duel ini rencananya bakal berlangsung pada pukul 18.30 WIB, Minggu malam.

Dilangsungkan pada malam hari, SUGBK bakal terang benderang dengan cahaya lampu. Penerangan menjadi salah satu bagian yang direnovasi. Pergantian dan penambahan lampu di lapangan stadion yang sebelumnya 1200 lux menjadi 3500 lux.

"Kurang lebih ada sekitar 640 buah lampu berjenis LED (Light Emmitting Diode) yang dipasok oleh Panasonic menerangi stadion ini," kata Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK, Gatot Tetuko, dikutip dari situs resmi PSSI.

Sebelum melawan Timnas Indonesia, Islandia dijadwalkan menghadapi Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untuk Asian Games 2018

Perombakan besar-besaran SUGBK untuk mempersiapkan diri jelang Asian Games 2018, Agustus mendatang. Indonesia merupakan tuan rumah event olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut.

"Stadion ini betul-betul mengalami perubahan yang signifikan dari eksterior maupun interior. Termasuk lampu yang menjadi faktor pendukung saat pertandingan berlangsung," ucap Gatot.

"Harapannya adalah kami ingin penonton merasakan pengalaman yang luar biasa saat datang melihat pertandingan secara langsung disini sekaligus menjadi tuan rumah yang sukses dalam penyelenggaraan event Asian Games 2018," jelas Gatot.

3 dari 3 halaman

Perubahan SUGBK

Menpora RI, Imam Nahrawi, melihat rumput lapangan saat meninjau SUGBK di Senayan, Jakarta, Selasa (8/8/2017). Renovasi SUGBK ditargetkan rampung pada bulan Oktober 2017. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sarana dan fasilitas di SUGBK mengalami banyak perubahan. Di area penonton, kursinya tidak lagi memanjang dan sudah dingganti dengan single sitter. Dengan perubahan ini, kapasitan penonton hanya 76 ribu orang saja.

Sistem tiket juga sudah diperbaiki. Setiap penonton langsung di arahkan ke masing-masing sektor berdasarkan kategori tiketnya yang areanya sudah ditentukan dari pintu masuk stadion.

Untuk area tim, Stadion GBK kini memiliki fasilitas empat ruang ganti. Masing-masing ruang ganti dilengkapi sarana ruang pelatih, ruang tunggu, kamar ganti pakaian pemain, kamar mandi dengan toilet, shower wastafel dan bak dengan pilihan air panas dan dingin, serta ruang pijat.

Saksikan video menarik di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.