Sukses

MotoGP: Daya Tarik Rossi Lebih Baik ketimbang Dovi dan Marquez

Sosok Rossi jauh lebih populer dibandingkan pembalap lain di MotoGP.

Jakarta - Tak akan ada yang meragukan tingkat popularitas Valentino Rossi di kalangan pencinta MotoGP. Ia adalah pembalap dengan jumlah fans terbanyak dalam sejarah MotoGP. Itu mengapa MotoGP begitu identik dengan Rossi.

Rossi memang ibarat legenda hidup MotoGP, bahkan untuk dunia balap. Hampir sebagian besar hidupnya dihabiskan dengan menggeluti motor dan lintasan. Rossi diketahui telah memulai karier balapnya sejak usia 5 tahun.

Sejak itu, sudah banyak momen manis yang dilewatinya, tak hanya di MotoGP. Tercatat, The Doctor mengoleksi sembilan gelar juara dunia, tujuh di antaranya adalah kelas utama atau MotoGP. Hingga kini, penampilannya terbilang masih kompetitif, meski faktor usia memang tak bisa dibohongi.

Berkat sederet prestasi dan sikap ramahnya, pembalap 38 tahun itu pun memiliki basis penggemar yang begitu besar di seluruh dunia. Di setiap balapan, suporternya yang identik dengan warna kuning selalu mendominasi.

Hal itu juga diakui pembalap World Superbike (WSBK), Stefan Bradl. Bradly yang memperkuat Aprilia di MotoGP 2016 menilai bahwa daya tarik Rossi jauh lebih besar saat Andrea Dovizioso atau Marc Marquez meraih kemenangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masa Pensiun

Valentino Rossi (MOHD RASFAN / AFP)

"Tribunnya 95 persen berwarna kuning dan Anda bisa melihat 46 di mana-mana. Emosi saat Rossi menang tak sebanding dengan emosi saat Dovi atau Marquez menang. Ia adalah polarisasi," kata Bradly, dilansir Total Motorsport.

Sayang, ada kemungkinan MotoGP akan kehilangan Rossi dalam waktu dekat. Pembalap asal Italia itu akan menjalani musim terakhir kontraknya bersama Yamaha pada MotoGP 2018. Hingga kini, belum diketahui apakah Rossi akan memperpanjang kontraknya atau tidak.

Bagi pencinta MotoGP sendiri, pensiunnya Rossi jelas akan menjadi kabar buruk. Selama ini, banyak orang yang menonton MotoGP hanya karena ingin melihat aksi putra dari Graziano Rossi tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Rossi di Semua Kelas

125 cc

Balapan: 30

Menang: 12

Podium: 15

Pole: 5

Fastest lap: 9

Poin: 432

 

250cc

Balapan: 30

Menang: 14

Podium: 21

Pole: 5

Fastest lap: 11

Poin: 510

 

MotoGP

Balapan: 301

Menang: 89

Podium: 190

Pole: 54

Fastest lap: 75

Poin: 4.893

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.