Sukses

Jokowi Resmikan SUGBK Sebelum Laga Timnas Indonesia Vs Islandia

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo rencananya bakal meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (14/1/2018). Peresmian ini akan berlangsung sebelum laga timnas Indonesia vs Islandia.

"Untuk SUGBK akan diresmikan tanggal 14 Januari pukul 18:00 WIB. Akan ada seremonial. Setelah Presiden meresmikan, akan menyalami pemain," ujar Sri Hartoyo selaku Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR dalam jumpa pers, Jumat (12/1/2018).

Laga timnas Indonesia vs Islandia akan jadi laga perdana yang berlangsung di SUGBK, usai stadion tersebut direnovasi untuk keperluan Asian Games. Sampai 2017, renovasi SUGBK telah memakan dana hingga Rp 760 miliar.

Renovasi masih akan terus dilakukan di beberapa bagian kecil. Namun, pihak Kementerian PUPR dan pengelola GBK telah memastikan stadion utama siap untuk menggelar test event Asian Games 2018 bulan ini.

Salah satu perubahan yang mencolok adalah penggunaan satu kursi (single seat) untuk penonton. Sebelumnya, hanya area VIP dan VVIP yang memakai single seat.

Bukan hanya penonton umum, SUGBK juga menyediakan kursi khusus penyandang difabel. "Stadion ini dilengkapi 76152 kursi, mulai dari kursi umum, VIP, dan VVIP. Untuk media tersedia 595 kursi. Umum 73479 kursi, difabel 132, VIP 1705, dan VIP 221 kursi," kata Sri.

 

1 dari 3 halaman

Mesin Pengecek

Timnas Indonesia akan memainkan laga pertama di SUGBK. (Bola.com/Eko Deni Saputra)

Sementara itu, Direktur Konstruksi dan Pengembangan Bisnis pengelola GBK Gatot Tetuko mengatakan, perubahan juga dibuat di akses masuk ke stadion. Nantinya akan ada mesin yang mengecek tempat duduk penonton.

"Penonton masuk tidak perlu fight dapat kursi terbaik. Masuk dari pintu manapun ring road GBK santai saja. Anda masuk di tempat yang sudah ditentukan. Jangan sampai salah 48 pintu mesin yang akan mengecek," kata Gatot.

 

2 dari 3 halaman

Kaca Antipeluru

Aspek keamanan juga tak luput dari renovasi. Sri mengungkapkan, SUGBK sudah dilengkapi dengan kaca antipeluru untuk tribune presiden. Meskipun demikian, Sri mengakui masih ada hal kecil yang harus.

"Secara umum, seluruh SUGBK sudah bisa digunakan dan beberapa kali dilakukan uji coba khususnya lampu dan lapangan. Ini masih pemeliharaan oleh kontraktor, tapi sudah diidentifikasi apa yang harus disempurnakan," ujar Sri.

Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Evan Dimas Bikin Kecewa Pelatih Islandia
Artikel Selanjutnya
5 Sisi Menarik Laga Timnas Indonesia Vs Islandia