Sukses

MotoGP: Soal Rekor Kemenangan, Marquez Lebih Hebat dari Rossi

Marquez pengoleksi kemenangan terpanjang di era MotoGP, lebih baik dari Rossi.

Liputan6.com, Cervera - Sejak kejuaraan balap motor diperkenalkan pada 1949 hingga era MotoGP, Federasi Motor Internasional (FIM) terus melakukan sejumlah perubahan. FIM mengubah aturan, mesin, hingga kelas-kelas balapan yang dipertandingkan.

Selama era MotoGP, yakni sejak 2002 sampai sekarang, perubahan terjadi cukup signifikan. FIM menetapkan peralihan mesin dari 800 cc ke 1000 cc (kelas utama), 600 cc (kelas Moto2), dan 250 cc (kelas Moto3) pada 2012 lalu.

Seiring perjalanan, sudah banyak pembalap yang merasakan hal positif dan negatif dari perubahan tersebut. Namun begitu, ajang balap motor bergengsi di dunia tak pernah surut dari sorotan penggemar.

Buktinya, ajang MotoGP terus menelurkan pembalap hebat di lintasan, dan Marc Marquez salah satunya. Perjalanan karier The Baby Alien di dunia balap sangat mengesankan, sebab dia hanya membutuhkan waktu singkat untuk meraih popularitas.

 

Memulai kariernya pada 2008, Marquez sudah berhasil menggondol dua gelar juara hanya dalam waktu lima tahun. Juara tersebut didapat sewaktu masih berada di kelas 125 cc (2010) dan Moto2 (2012).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Naik Kelas

Kerja kerasnya itu ternyata mendapat perhatian serius dari tim Repsol Honda. Tim Honda pun mengajak Marquez untuk naik kelas (MotoGP) pada 2013.

Keputusan yang dibuat Pabrikan Jepang tidak salah, karena pemilik nomor 93 mampu menjadi lawan yang patut diperhitungkan di kelas utama. Salah satu bukti nyata yang dibuat Marquez yakni dia berhasil meraih empat gelar juara dunia ke kampung halamannya di Cervera, Spanyol.

Prestasi yang sangat membanggakan bagi rekan setim Dani Pedrosa itu terjadi pada 2014 lalu. Saat itu Marquez sukses mencetak 10 kemenangan secara beruntun.

Secara total, dia mengemas 13 kemenangan dan itu menjadikannya sebagai pembalap dengan torehan podium pertama terbanyak dalam semusim. Hingga saat ini catatan apik Marquez belum terputus.

3 dari 3 halaman

Daftar Pengoleksi Kemenangan Terpanjang

Valentino Rossi yang sudah dikenal sangat berpengalaman di dunia balap motor hanya mampu mencetak tujuh kemenangan beruntun dan itu terjadi pada 2002 atau saat era baru MotoGP baru dimulai.

Berikut Pengoleksi Kemenangan Terpanjang MotoGP dalam Semusim?

1. Marc Marquez: 10 Kemenangan (2014)

2. Valentino Rossi: 7 Kemenangan (2002)

3. Jorge Lorenzo: 4 Kemenangan (2015)

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.