Sukses

5 Sisi Menarik Laga Timnas Indonesia Vs Islandia

5 hal menarik dari duel Timnas Indonesia versus Islandia di SUGBK, Minggu (14/1/2018).

Jakarta - Kehadiran Presiden Joko Widodo berserta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan pejabat tinggi negara lain tak mampu menghindarkan Timnas Indonesia dari kekalahan saat menjamu Timnas Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Tim Merah-Putih kalah 1-4 dari tim tamu.

Kemenangan ini jadi yang kedua bagi Timnas Islandia. Hal ini berarti, timnas berjulukan Our Boys ini menyapu bersih kemenangan dari lawatan ke Indonesia.

Sebelumnya, skuat asuhan pelatih Heimir Hallgrímsson ini mengalahkan Indonesia Selection 6-0 pada laga ekshibisi yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman (11/1/2018).

Baca Juga

  • Timnas Indonesia Telan Kekalahan 1-4 dari Islandia
  • Timnas Indonesia Hampir Ungguli Islandia pada Babak Pertama
  • VIDEO: Bek Marseille Asal Jepang Lakukan Penyelamatan Gemilang Depan Gawang

Pada laga kontra Timnas Islandia, selain disaksikan langsung Presiden RI, Timnas Indonesia mendapat dukungan dari ribuan suporter setia yang juga penasaran dengan kondisi terkini SUGBK pasca direnovasi.

Sejak Minggu siang, fans loyal Tim Garuda itu sudah mendatangi SUGBK yang tampil cantik sebagai persiapan Asian Games 2018.

Nah, hal menarik apa lagi yang terjadi berkaitan dengan Timnas Indonesia versus Timnas Islandia? Berikut beberapa di antaranya seperti dirangkum Bola.com:

1. SUGBK diresmikan penggunaannya kembali oleh Presiden Joko Widodo

Setelah direnovasi lebih dari satu tahun lamanya, SUGBK kembali dibuka. Peresmian stadion nasional Indonesia ini dilakukan Presiden Joko Widodo sesaat sebelum laga Timnas Indonesia versus Islandia digelar.

Presiden Joko Widodo terlihat menandatangani prasasti peresmian SUGBK didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa menteri Kabinet Kerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehormatan buat Islandia

2. Islandia jadi tim asing pertama yang bermain di SUGBK yang baru

Negara dari kawasan Nordik ini mendapat kehormatan menjajal SUGBK yang baru. Selain itu, seperti dilansir dari Labbola, Islandia merupakan negara ke-79 yang dihadapi Timnas Indonesia sepanjang sejarah. Lebih khusus lagi, Skuat Our Boys tercatat sebagai negara Eropa ke-14 yang dihadapi Tim Garuda.

Striker Timnas Indonesia, Ilham Udin Armaiyn, merayakan gol ke gawang Islandia pada laga persahabatan di SUGBK, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Indonesia kalah 1-4 dari Islandia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

3. Ilham Udin Armaiyn dan Albert Gudmundsson menjadi pemain lokal dan asing pertama yang mencetak gol di SUGBK "baru"

Ilham Udin Armaiyn akan dikenang sebagai pencetak gol pertama di SUGBK baru. Pemain Selangor FA itu mencetak gol di stadion modern yang berkelas layaknya stadion-stadion di Eropa ini pada menit ke-28.

Selain Ilham Udin, striker Timnas Islandia, Albert Gudmundsson, menjadi pemain asing pertama yang mencetak gol di SUGBK yang baru. Pemain 20 tahun ini menjebol gawang Timnas Indonesia yang dikawal Andritany Ardhiyasa pada menit ke-45.

3 dari 3 halaman

Islandia Merombak Tim

4. Albert Gudmundsson mencetak hattrick

Minggu malam (14/1/2018) bakal jadi malam spesial bagi Albert Gudmundsson. Striker PSV Eindhoven ini mencetak hattrick pada laga kedua dalam tur ke Indonesia bersama Timnas Islandia senior.

Sebelumnya, pemain kelahiran 15 Juni 1997 berkiprah bersama Timnas Islandia kelompok usia, mulai U-16 hingga terakhir U-21. "Waktu Albert telah tiba" begitu tulis satu di antara media lokal Islandia merespons penampilan Albert Gudmundsson.

Masuk sebagai pengganti pada medio babak pertama, Gudmundsson menjebol gawang Andritany pada menit ke-45, 65 (penalti), dan ke-71.

5. Timnas Islandia merombak tim

Don't change the winning team tampaknya tak berlaku buat pelatih Timnas Islandia, Heimir Hallgrímsson. Meski menang 6-0 dari Indonesia Selection, pelatih yang juga dokter gigi ini merombak separuh skuatnya saat meladeni Timnas Indonesia.

Ia hanya menyisakan lima pemain dari starting eleven ketika menghadapi Indonesia Selection. Lima pemain itu adalah Samuel Kari Fridridsson, Holmar Orn Eyjolfsson, Olafur Ingi Skulason, Arnor Ingvi Traustason, dan Andri Rúnar Bjarnason.

Hal ini berarti, ada enam pemain baru yang dimainkan ketika bersua Timnas Indonesia di SUGBK. Sementara kapten tim tetap dijabat Olafur Ingi Skulason.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.