Sukses

Live Report Pembukaan Piala Presiden 2018 dari Bandung

Persib Bandung menghadapi Sriwijaya FC pada laga pembuka Piala Presiden 2018.

Liputan6.com, Bandung - Piala Presiden kembali bergulir. Kompetisi tahun ini melibatkan 20 tim yang dibagi ke lima grup dengan Bandung terpilih sebagai lokasi partai pembuka. 

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) akan jadi saksi bisu berlangsungnya duel besar yang melibatkan Persib Bandung dan Sriwijaya FC, Selasa (16/1/2018). 

Pertandingan nanti dipastikan berjalan menarik. Sebagai tuan rumah, Persib tentu tidak mau kehilangan malu. Maung Bandung juga ingin mengubur mimpi buruk setelah tampil mengecewakan pada Liga 1 2017.

Di sisi lain, Sriwijaya FC juga membangun tim untuk meningkatkan prestasi pada kompetisi mendatang. Laskar Wong Kito mendatangkan Rahmad Darmawan, Manuchekhr Dzhalilov, Mohamadou Ndiaye, Makan Konate, Esteban Vizcarra, dan Adam Alis.

====================================

17.42 WIB

Striker Persib Ezechiel N'Douassel mendapat kartu kuning di injury time. Setelah mendapat waktu tambahan tiga menit, wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Persib sukses mengamankan kemenangan melalui gol pemain anyar Oh In-kyun.

 

17.33 WIB

Persib hampir menggandakan keunggulan setelah tendangan bebas Supardi Nasir membentur mistar gawang. Persib mendapat situasi bola mati setelah Mahamadou N'Diaye melanggar Ezechiel N'Douassel di luar kotak penalti.

 

17.29 WIB

Tendangan pemain pengganti Sriwijaya FC Patrich Wanggai, yang hampir bergabung dengan Persib, masih melambung.

 

17.22 WIB

Pertandingan kembali berhenti untuk water break. Istirahat semenit, pertandingan kembali bergulir.

 

17.18 WIB

Pemain pengganti Sriwijaya FC Alfin Tuasalamony mendapat kartu kuning usai melanggar Oh In-kyun. Sriwijaya FC memasukkan Patrich Wanggai dan Zulfiandi untuk menggantikan Nur Iskandar dan Yoo Hyun-goo. Di kubu Persib, Airlangga Sucipto menggantikan Puja Abdillah.

17.16 WIB

Hariono dan Dedi Kusnandar menggantikan Eka Ramdani dan Michael Essien. Makan Konate kemudian gagal memaksimalkan peluang setelah pemain Persib melakukan kesalahan.

 

17.06 WIB

Sriwijaya FC coba menyamakan kedudukan melalui situasi bola mati. Namun, tendangan bebas kaki kiri Syahrian Abimanyu dengan brilian ditepis Muhammad Natshir. Persib kemudian melancarkan serangan melalui Ezechiel N'Douassel. Bek Sriwijaya FC Marckho Meraudje melakukan pelanggaran dan diganjar kartu kuning.

Sriwijaya FC lalu melakukan dua pergantian pemain. Syahrian Abimanyu dan Marckho Meraudje keluar digantikan Yogi Rahadian dan Alfin Tuasalamony.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Gelandang Sriwijaya FC, Syahrin Abimanyu, berebut bola dengan gelandang Persib Bandung, Oh In-Kyun, pada laga Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

17.01 WIB

GOL. GBLA bergerumuh menyaksikan Persib memimpin di menit ke-55. Pemain Sriwijaya FC gagal membuang bola dengan sempurna. Bola lepas kemudian dimaksimalkan Oh In-kyun yang melepas tembakan ke tiang dekat dan merobek gawang tim tamu. 

 

16.54 WIB

Novan Sasongko melanggar Oh In-kyun sedikit di luar kotak penalti. Michael Essien yang menjadi eksekutor menyaksikan tendangannya mengenai tembok dan dihalau keluar Teja Paku Alam.

 

16.51 WIB

Pertandingan babalk kedua dimulai. Kedua tim tidak melakukan pergantian pemain.

 

16.44 WIB

Di sela-sela jeda pertandingan babak pertama, Menpora Imam Nahrawi, bersama Berlinton Siahaan (Ketua OC Piala Presiden), dan Ketum PSSI, Edi Rahmayadi membagikan bola kepada penonton.

 

16.30 WIB

Persib mendapat tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Sriwijaya FC. Bola kemudian dihalau kiper Teja Paku Alam dan wasit meniup tanda berakhirnya babak pertama. 

 

16.24 WIB

Oh In-kyun terlalu cepat bagi Paulin yang mendapat kartu kuning karena terlambat menekel. Tapi, Persib gagal menciptakan peluang berarti dari tendangan bebas yang didapat. 

3 dari 4 halaman

Babak Pertama

16.19 WIB

Setelah beberapa kali melakukan pelanggaran, bek Persib Bojan Malisic akhirnya mendapat kartu kuning setelah mengasari Nur Iskandar.

 

16.17 WIB

Persib mulai menemukan cara untuk mengancam gawang Sriwijaya FC. Mereka melepas bola daerah untuk dimanfaatkan Ezechiel, yang lebih cepat ketimbang N'Diaye dan Paulin. Sayang, eksekusinya masih belum menemui sasaran.

 

16.10 WIB

Ezechiel N'Douassel melakukan penetrasi untuk melewati duet jantung pertahanan Sriwijaya FC, Mahamadou N'Diaye dan Bio Paulin. Dia kemudian melepas tembakan ke tiang jauh namun masih melebar. Wasit kemudian meniup peluit untuk water break. Istirahat semenit, pertandingan kembali bergulir.

 

16.07 WIB

Bek Sriwijaya FC Novan Sasongko mendapat kartu kuning pertama setelah melanggar Billy Keraf. Semenit sebelumnya Persib mendapat peluang pertama. Michael Essien melepas tendangan dari sudut kotak penalti. Percobaan mantan pemain Chelsea itu sama sekali tidak merepotkan kipe Teja Paku Alam. 

 

Bobotoh menggelar koreografi sebelum Persib Bandung menghadapi Sriwijaya FC pada laga pembuka Piala Presiden 2018. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

15.54 WIB

Sriwijaya FC terus menggempur pertahanan tuan rumah. Adam Alis yang menguasai bola meneror lini belakang Persib dari sisi kanan. Menusuk ke tengah, mantan pemain Arema FC itu melepas tembakan yang masih melambung. Tidak lama berselang, kerja sama pemain Sriwijaya di luar kotak penalti Persib berujung tendangan lemah Beto Goncalves.

 

15.50 WIB

Sriwijaya FC kembali mendapat peluang, kali ini melalui Alberto Goncalves. Namun, tendangan volinya masih melebar di sisi kanan gawang Persib.

 

15.43 WIB

Peluang bagi Sriwijaya FC. Namun, tendangan Nur Iskandar masih di atas gawang Muhammad Natshir.

 

15.40 WIB

Wasit Jumadi meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Hampir seluruh kursi di GBLA terisi.

4 dari 4 halaman

Jelang Pertandingan

15.35 WIB

Presiden Joko Widodo hadir di tribun GBLA. Penyanyi Lea Simanjuntak menyanyikan Indonesia Raya dengan pemain kedua tim berkumpul di tengah lapangan. 

 

15.25 WIB

Kedua tim masuk lapangan.

 

15.20 WIB

Dalam sambutannya, Ketua Umum SC Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait, jamin tidak ada pengaturan skor dan transparansi dalam penyelenggaraan. Hadir pada acara ini di antaranya Menkopolhukam Wiranto, Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menpora Imam Nahrawi, Menko Perekonomian Luhut Binsar Panjaitan,  dan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi.

Suporter Persib memanjat pagar Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa (16/1/2018). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

15.15 WIB

Susunan pemain

Persib: Muhammad Natshir, Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Bojan Malisic, Tony Sucipto, Eka Ramdani, Michael Essien, Billy Keraf, Oh In-kyun, Puja Abdillah, Ezechiel N'Douassel

Sriwijaya FC: Teja Paku Alam, Marckho Meraudje, Mahamadou N'Diaye, Bio Paulin, Novan Sasongko, Adam Alis, Yoo Hyun-goo, Syahrian Abimanyu, Nur Iskandar, Makan Konate, Alberto Goncalves

14.35 WIB

Pemain Persib dan Sriwijaya mulai melakukan pemanasan. 

 Bobotoh membawa tambur masuk Gelora Bandung Lautan Api pada laga pembuka Piala Presiden 2018. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

14.20 WIB

Bobotoh yang membawa tambur mulai diperbolehkan memasuki stadion. Rencananya bakal ada koreografi 3d sepanjang laga dari Viking.

Bobotoh harus melewati metal detector untuk masuk Gelora Bandung Lautan Api pada laga pembuka Piala Presiden 2018.  (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

14.10 WIB

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo memantau pengamanan laga pembuka Piala Presiden 2018. Antrean bobotoh untuk memasuki stadion tetap padat. Cukup banyak bobotoh membawa anak. Mereka harus melewati metal detector untuk masuk stadion. 

Lea Simanjuntak dan Edo Kondologit dijadwalkan mengisi acara pembukaan. Ada juga pertunjukan tarian tradisional dan penampilan dari Saung Angklung mang Udjo.

Bobotoh mengantri masuk stadion Gelora Bandung Lautan Api untuk menyaksikan laga pembuka Piala Presiden 2018. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

14.00 WIB

Persib Bandung akan menghadapi Sriwijaya FC pada laga pembuka Piala Presiden 2018. Prediksi pertandingan bisa dibaca di sini. Kedua tim juga harus bersaing dengan PSMS Medan dan PSMS Makassar di Grup A.

Pintu masuk SGBLA sudah dibuka sekitar pukul 13.10 WIB dan bobotoh mulai masuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.