Sukses

Prediksi Piala Presiden Grup A: Persib Vs Sriwijaya FC

Persib langsung menjamu Sriwijaya FC pada partai pembuka Piala Presiden 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk ketiga kalinya, turnamen pramusim Piala Presiden 2018 kembali bergulir. Pertandingan dua tim penghuni Grup A, Persib Bandung melawan Sriwijaya FC menjadi partai pembuka.

Adapun, laga ini akan berlangsung pada Selasa (16/1/2018) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung pukul 15:30 WIB. Kedua tim sudah tentu ingin memulai turnamen ini dengan kemenangan.

Persiapan matang telah dilakukan Persib untuk menyambut perhelatan Piala Presiden ini. Sebelumnya, kesebelasan berjuluk Maung Bandung itu menggelar pemusatan latihan (training centre) di Yogyakarta dan serangkaian uji coba di Batam, Kepulauan Riau.

Kesibukan serupa juga dijalani Sriwijaya FC. Tim dengan sebutan Laskar Wong Kito ini mulai menggeber persiapan sejak Desember 2017 lalu. Teraktual, armada Rahmad Darmawan (RD) melakoni dua uji tanding di Cilegon dan Bekasi.

Pertandingan ini juga akan menjadi adu gengsi dua eks pelatih Liga Super Malaysia. Sebelum di Sriwijaya FC, RD merupakan arsitek T-Team. Sedangkan juru taktik Persib, Roberto Carlos Mario Gomez meraih sukses bersama Johor Darul Ta’zim (JDT).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keyakinan Persib

Persib Bandung akan melawan FC UNY di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa (26/12/2017). (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Mario Gomez menganggap Piala Presiden sebagai ajang strategis untuk mengukur kekuatan tim. Sebab, Persib banyak melakukan perombakan skuat di musim ini.

"Ini turnamen yang sangat penting di Indonesia, penting juga untuk tim. Kita harus fight. Ini sangat bagus untuk ajang pembuktian bagi tim karena kita ada beberapa pemain baru yang juga akan bermain besok," ujar Gomez.

Menyoal pemain asing, Persib mengganti dua dari empat legiun impornya. Maung Bandung merekrut Bojan Malisic dan Oh In-kyun untuk mengisi plot Vladimir Vujovic serta Shohei Matsunaga.

Dengan skuat yang mentereng, Gomez berjanji bakal membawa perubahan untuk Persib. Mengingat, pencapaian Maung Bandung cukup buruk di musim lalu.

"Saya rasa semuanya sama, tidak ada yang berbeda, tinggal bagaimana kita bekerja keras di dalam lapangan," papar Gomez.

3 dari 5 halaman

Adaptasi Pemain Baru Sriwijaya FC

Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan (Liputan6.com / Indra Pratesta)

 

Tidak berbeda dengan Persib, Sriwijaya FC juga banyak memboyong pemain anyar. Laskar Wong Kito menggebrak di bursa transfer awal musim.

Belasan pemain baru merapat. Pengangkatan Rahmad Darmawan (RD) sebagai pelatih membuktikan keseriusan Sriwijaya FC menatap musim depan.

RD menilai perjumpaan dengan Persib sebagai ujian yang sesungguhnya untuk Laskar Wong Kito. Mengingat, ini merupakan partai pembuka yang tentu akan mempengaruhi langkah Sriwijaya FC selanjutnya.

“Laga pembukaan di turnamen apapun akan sangat penting. Pemain akan belajar beradaptasi dengan situasi pertandingan yang sesungguhnya, ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Situasi Berbeda

RD menyebut, situasinya pasti akan pasti berbeda dengan laga uji coba yang sudah kita mainkan sebelumnya. Hal ini, kata RD, sangat penting untuk menguji mental seluruh pemain.

“Pemain harus belajar untuk memenangkan pertandingan dan tidak mau kalah. Walau belum sempurna dan saya pun yakin semua tim juga mengalami hal yang sama, tetapi paling tidak semua pemain harus menunjukkan mentalitas sebagai pemenang,” mantan pelatih Persija Jakarta ini menjelaskan.

 

 

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persib (4-4-1-1): Muhammad Natshir; Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Bojan Malisic, Tony Sucipto; Hariono, Michael Essien, Billy Keraf, Atep (C); Oh In-kyun; Ezechiel N'Douassel.

Pelatih: Roberto Carlos Mario Gomez

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam; Marco Meraudje, Mahamadou N'Diaye, Saepulloh Maulana, Novan Setya; Yu Hyun-koo (C), Adam Alis; Manuchekhr Dzhalilov, Makan Konate, Esteban Vizcarra; Alberto Goncalves.

Pelatih: Rahmad Darmawan

(Muhammad Adi Yaksa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.