Sukses

Persib Tekuk Sriwijaya FC di Laga Pembuka Piala Presiden 2018

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung berhasil membuka Piala Presiden 2018 dengan kemenangan. Di hadapan Presiden Jokowi, tim berjuluk Pangeran Biru itu mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Selasa (16/1/2018).

Sebagai tuan rumah, Persib langsung mengambil alih serangan. Beberapa kali tim berjuluk Maung Bandung ini mengancam lini pertahanan Sriwijaya FC pada 10 menit pertama pertandingan.

Namun, Sriwijaya FC yang mendapat peluang pertama. Sayang, tendangan voli Alberto Goncalves di menit ke-10 masih melebar di sisi kanan gawang kiper Persib, Muhammad Natshir.

Sriwijaya FC memainkan bola dari kaki ke kaki. Serangan dibangun dari bawah. Namun, serangan kerap gagal ketika memasuki lini pertahanan Persib.

Aksi Ezechiel N'Douassel di menit ke-30 hampir membuat Persib unggul. Dimulai dari pergerakannya melewati Mahamadou Ndiaye, tendangan melengkung penyerang Timnas Chad ini masih menyamping.

Tidak lama kemudian, wasit Jumadi menghentikan pertandingan untuk sementara karena water break. Persib mulai bermain keras. Pelanggaran Bojan Malisic kepada Nur Iskandar membuahkan kartu kuning di menit ke-37.

Wasit Jumadi kembali mengambil kartu kuning dari sakunya untuk bek Sriwijaya FC, Bio Paulin. Itu setelah pemain naturalisasi itu melanggar Oh In-kyun di menit ke-41.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Gelandang Sriwijaya FC, Syahrin Abimanyu, berebut bola dengan gelandang Persib Bandung, Oh In-Kyun, pada laga Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persib menggebrak usai jeda turun minum. Sepakan bebas Michael Essien di menit ke-48 masih membentur pagar hidup. Setidaknya, Pangeran Biru memulai paruh kedua dengan positif.

Atmosfer yang ditunggu-tunggu Bobotoh akhirnya tiba. Persib berhasil mencetak gol di menit ke-55. Aktornya adalah On In-Kyun. Tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti menghantam keras gawang Laskar Wong Kito.

Di menit ke-61, Sriwijaya FC mendapatkan tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Persib. Syahrian Abimanyu yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Namun, M Natshir lebih heroik. Di berhasil menepis sepakan keras kaki kiri itu.

Selang semenit kemudian, serangan balik Persib lewat kaki Ezechiel dihentikan paksa oleh Marco Meraudje. Alhasil, pemain asal Papua itu dihadiahi kartu kuning oleh wasit.

3 dari 4 halaman

Laskar Wong Kito Tersentak

Striker Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel, berusaha membobol gawang Sriwijaya FC pada laga Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Baru masuk menggantikan Meraudje, Alfin Tuasalaony melakukan pelanggaran keras kepada Oh In-kyun. Wasit Efendi pun tidak tinggal diam. Alfin diganjar kartu kuning di menit ke-72.

Usai kebobolan, Laskar Wong Kito tersentak. Patrich Wanggai yang masuk menggantikan Nur Iskandar melancarkan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tapi sayang, usahanya itu masih berada tipis di atas mistar gawang.

Persib mendapat peluang untuk menambah gol. Sayang, sepakan bebas Supardi Nasir di menit ke-82 masih membentur mistar gawang Sriwijaya FC.

Di menit ke-90, Ahmad Jufriyanto diberikan kartu kuning karena dianggap mengulur-ngulur waktu. Tidak lama setelah itu, Ezechiel juga diganjar kartu kuning lantaran menghantam Ndiaye.

Hingga pertandingan selesai, keadaan tidak berubah. Persib berhasil menang 1-0 atas Sriwijaya FC.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Persib (4-4-1-1): M. Natshir; Supardi (C), Bojan Malisic, Ahmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Billy Keraf (Indra Mustaffa), Michael Essien (Hariono), Eka Ramdani (Dedi Kusnandar), Puja Abdillah (Airlangga Sucipto); Oh In Kyun; Ezechiel N’Douassel.

Pelatih: Roberto Carlos Mario Gomez

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam; Marco Meraudje (Alfin Tuasalamony), Mahamadou Ndiaye, Bio Paulin, Novan Setya; Yu Hyun-koo (Zulfiandi), Syahrian Abimanyu (Yogi Rahadian), Adam Alis; Nur Iskandar (Patrich Wanggai), Makan Konate, Alberto Goncalves.

Pelatih: Rahmad Darmawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.