Sukses

3 Pemain AS Roma yang Bakal Dibajak Juventus

Juventus saat ini memiliki tiga pemain yang sempat membela AS Roma.

Liputan6.com, Jakarta - Juventus dikenal suka membajak pemain-pemain berbakat dari sesama klub Italia. Tidak hanya klub kecil, mereka juga suka menjarah rival papan atas. Salah satunya yang cukup sering jadi sasaran adalah AS Roma.

Ya, untuk saat ini saja, ada dua pemain Juventus yang datang dari AS Roma. Mereka adalah Miralem Pjanic dan Medhi Benatia.

Ini belum termasuk Wojciech Szczesny yang secara teknis direkrut dari Arsenal, tetapi pada musim lalu membela AS Roma.

Celakanya, tiga pemain itu turut berperan saat membantu Juventus mengalahkan AS Roma pada giornata 18 Serie A musim ini, 24 Desember lalu. Terutama Benatia yang menjadi pencetak gol tunggal kemenangan La Vecchia Signora pada laga tersebut.

Pada bursa transfer musim dingin ini, Juventus tampaknya kembali meneruskan tren membajak pemain AS Roma. Setidaknya ada tiga penggawa I Giallorossi yang diincar.

Siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kevin Strootman

Kevin Strootman. (AFP/Andreas Solaro)

Juventus sudah mulai membidik Strootman sejak musim panas lalu. Namun, niat itu mereka urungkan karena kebutuhan di lini tengah masih terpenuhi dengan keberadaan Sami Khedira dan Claudio Marchisio. Di sisi lain, AS Roma ketika itu juga menolak melepas gelandang tangguhnya.

Namun, seiring bergulirnya waktu, I Bianconeri sering mendapatkan masalah di lini tengah. Khedira dan Marchisio sering dibekap cedera. Sedangkan gelandang anyar Rodrigo Bentacur masih beradaptasi dengan lingkungan baru.

Di saat bersamaan, Strootman perlahan mulai kembali ke bentuk permainan terbaik usai pulih dari cedera berkepanjangan musim lalu. Pemain berusia 27 tahun itu sudah tampil dalam 22 pertandingan dan mencetak satu gol sejauh ini.

Situasi ini pun membuat Juventus semakin penasaran terhadap Strootman. Menurut laporan Sky Sport Italia, pelatih Massimiliano Allegri ingin merekrut pemain Timnas Belanda itu sesegera mungkin.

Untuk mendapatkan Strootman, Juventus akan mencoba mengulang apa yang mereka lakukan musim panas 2016, saat membajak Miralem Pjanic dengan menebus klausul penjualan sang pemain di angka 32 juta euro.

Langkah ini bisa diterapkan kembali untuk mendapatkan Strootman yang pada dasarnya tidak akan dilepas AS Roma. Strootman diketahui memiliki klausul transfer senilai 45 juta euro.

3 dari 4 halaman

Lorenzo Pellegrini

Lorenzo Pellegrini (kanan). (AFP/ELSA)

Strootman bukan satu-satunya gelandang AS Roma yang diincar Juventus. La Vecchia Signora juga tengah memperhatikan Lorenzo Pellegrini.

Pellegrini sudah mencuri perhatian sejak masih bermain untuk Sassuolo. Ia sempat jadi rebutan banyak klub besar, termasuk Juventus, di bursa transfer musim panas lalu. Namun, Pellegrini akhirnya memutuskan bergabung dengan AS Roma. I Giallorossi memenangkan perburuan dengan mudah karena mereka memiliki klausul buy-back, sesuai kesepakatan saat melepasnya ke Sassuolo pada 2015.

Sosok Pellegrini semakin dikagumi karena mampu menembus Timnas Italia senior di usia yang masih muda. Pemain 21 tahun itu sudah dua kali memperkuat negara, salah satunya ketika menghajar Liechtenstein 5-0 pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Namun, Juventus dipastikan akan menghadapi rintangan untuk mendapatkan Pellegrini. Menurut Calciomercato, AS Roma berencana mengikat pemain jebolan akademinya itu dengan kontrak baru dan meningkatkan klausul transfer.

Untuk diketahui, nilai penjualan sang pemain dalam kontraknya saat ini adalah 25 juta euro. Jumlah tersebut sangat kecil bagi klub sebesar Juventus.

Bersama AS Roma, Pellegrini terikat kontrak hingga Juni 2022. Di awal musim, ia sempat absen dalam beberapa pertandingan karena cedera. Namun, perlahan tapi pasti ia mulai bermain rutin. Melakoni 21 pertandingan, dia mencetak dua gol dan tiga assist.

4 dari 4 halaman

Emerson Palmieri

Bek AS Roma asal Brasil, Emerson Palmieri. (AFP/Filippo Monteforte)

Satu lagi pemain AS Roma yang tengah dibidik Juventus adalah bek kiri Emerson Palmieri. I Bianconeri rencananya akan mengajukan penawaran sebesar 20 juta euro plus bonus kepada AS Roma untuk mendapatkan bek Italia berdarah Brasil itu.

Niat Juventus ini merupakan antisipasi jika kehilangan Alex Sandro. Seperti diketahui, Sandro belakangan gencar diberitakan akan hengkang ke Chelsea atau Manchester United. Duo raksasa Inggris itu siap menebus Alex Sandro seharga 60 juta euro. Menurut La Repubblica, Juventus bakal menggunakan sebagian uang penjualan Sandro untuk membeli Emerson.

Peluang Juventus untuk mendapatkan Emerson cukup besar. Pasalnya, bek 24 tahun itu tidak mendapatkan tempat utama bersama AS Roma. Ia berada di bawah bayang-bayang Alekasandar Kolarov.

Meski begitu, AS Roma ternyata tidak berencana melepasnya. “Kami ingin Emerson mencapai levelnya. Tidak ada apa-apa soal keberadannya. Kami juga belum menerima tawaran,” kata Direktur Olahraga AS Roma, Monchi.

Emerson mulai bermain untuk AS Roma sejak 2015/2016. Ini adalah musim ketiganya bersama I Giallorossi. Awalnya dipinjam dari Santos selama dua musim, Serigala Ibu Kota mematenkan kehadirannya pada Januari 2017 dengan biaya dua juta euro. Selama tiga musim membela Roma, Emerson tampil dalam 46 pertandingan dengan kontribusi dua gol dan satu assist.

Sebelum berkarier bersama AS Roma, Emerson juga pernah membela Palermo pada 2014. Namun waktu itu ia gagal berkembang, dan hanya dimainkan dalam sembilan pertandingan. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.