Sukses

MotoGP 2018: Yamaha Kehilangan Pembalap Berbakat

Liputan6.com, Jakarta - Kabar menyedihkan datang dari pembalap MotoGP tim Yamaha Tech 3. Jonas Folger memastikan diri absen di gelaran MotoGP musim ini karena sakit.

"Saya sangat sedih menulis ini, tapi saya akan absen membalap di MotoGP 2018," tulis Folger lewat akun twitternya, @JonasFolger94.

Folger sebelumnya telah absen di tiga seri terakhir MotoGP musim lalu. Setelah didiagnosis, ia menderita penyakit yang disebut sindrom Gilbert. Sindrom ini menyebabkan hati penderitanya tidak berfungsi secara normal.

Awalnya, Folger sempat mengetahui jenis penyakitnya. Namun setelah melewati diagnosis di tanah airnya, Jerman, pembalap berusia 24 tahun ini diketahui menderita sindrom Gilbert.

Folger pun sempat menyatakan bakal kembali secepat mungkin. "Saya akan kembali dengan lebih kuat dan bersaing di papan atas MotoGP," ujarnya November tahun lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tinggal Sekedar Tekad

Kebahagiaan pembalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger saat mengamankan podium kedua MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring. (Hendrik Schmidt/dpa via AP)

Sayangnya, tekad Folger tidak diiringi perbaikan kondisi tubuhnya. Folger mengatakan, kondisi tubuhnya tak juga membaik hingga saat ini

"Saya tidak membuat perkembangan seperti yang saya inginkan. Saat ini, mustahil bagi saya membalap di MotoGP," kata Folger.

"Saya ingin berterima kasih pada semuanya, terutama di tim Tech 3. Saya harap bisa kembali suatu saat nanti," ujar Folger menambahkan.

3 dari 3 halaman

Pembalap Berbakat

Folger boleh dibilang salah satu pembalap berbakat di MotoGP. Bagaimana tidak, ia terhitung pembalap yang cepat naik kelas.

Sebelum naik ke MotoGP, Folger membalap di kelas Moto3 lalu Moto2. Di masing-masing kelas itu, Folger hanya menghabiskan waktu dua musim.

Musim lalu adalah debut Folger. Ia berhasil mencetak satu podium dan finis pada klasemen akhir di peringkat 10 dengan 84 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.