Sukses

WCC Indonesia Gelar 90K WCC 3rd Anniversary Celebration Ride

WCC Indonesia sendiri berdiri sejak pertengahan 2014

Liputan6.com, Jakarta Women Cycling Community (WCC) Indonesia menggelar acara “90K WCC 3rd Anniversary Celebration Ride”, pada 14 Januari 2018 lalu di Mitra Terrace – Jakarta Selatan. Kegiatan ini digelar sebagai bagian dari perayaan acara ulang tahun ke-3, WCC Indonesia.

“WCC Indonesia adalah wadah bagi pesepeda wanita untuk bersepeda atau riding bersama. Bentuknya tidak eksklusif, dan semua wanita yang suka bersepeda bisa menjadi bagian WCC Indonesia, bahkan jika ia sudah tergabung dalam komunitas lain,” ujar Tabby Sumendap, founder WCC Indonesia.

Menggunakan konsep group riding, para partisipan bersepeda dengan rute sejauh 90 kilometer. Sekitar 150 pesepeda wanita mengikuti celebration ride ini, yang start dan finish dilangsungkan di Mitra Terrace, Jakarta Selatan..

Jarak 90 kilometer yang ditempuh dibagi dalam tiga segmen dengan pitstop tiap 30 kilometer. Di segmen pertama, rute yang dilewati adalah Mitra Terrace (Start) – Jl. Gatot Subroto – Jl. MT. Haryono – Halim – M.T. Haryono – Pancoran – Jl. Raya Pasar Minggu – Lenteng Agung – Universitas Indonesia (yang menjadi Pit Stop 1).

Rute segmen kedua adalah Universitas Indonesia – Lenteng Agung – Jl. Raya Pasar Minggu – Pancoran – Jl. Prof. Dr. Soepomo – Jl. Sahardjo – Minangkabau – Pasar Rumput – Jl. H.R. Rasuna Said – Jl. H.O.S. Tjokro Aminoto – - Jl. Cendana – Teuku Umar – Taman Suropati (Pit Stop 2).

Sedang segmen tiga melewati rute Taman Suropati – Jl. Pangeran Diponegoro -Jl. Teuku Cik Dik Tiro – Tugu Tani – Jl. M. Ridwan Rais – Jl. Merdeka Timur – Jl. Merdeka Utara – Jl. Majapahit – Jl. Gajah Mada – Jl. Pintu Besar Utara – Jl. Kali Besar Barat – Jl. Kunir – Jl. Kemukus – Jl. Ketumbar – Jl. Lada – Jl. Gajah Mada – Hayam Wuruk – Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Pos – Jl. Gedung Kesenian – Jl. Lapangan Banteng Utara – Jl. Taman Pejambon – Jl. Pejambon – Jl. Merdeka Timur – Jl. M. Ridwan Rais – Tugu Tani – Jl. Menteng Raya – Jl. Cikini Raya – Jl. Cilacap – Jl. Surabaya – Jl. Pangeran Diponegoro – Jl. Imam Bonjol – Jl. H.O.S. Tjokro Aminoto – Jl. H.R. Rasuna Said – Mitra Terrace (Finish).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu Tempuh

Group riding ini dipimpin road captain Ade Juanita dan co-road captain yang didampingi sejumlah marshall. Start 90K WCC 3rd Anniversary Celebration Ride dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan waktu tempuh maksimal tiga jam.

Selama dalam perjalanan, rombongan akan dibagi dalam dua paceline dengan berada di angka 25-30 km/jam, dengan mengutamakan keamanan, kenyamanan dan membuat partisipan dapat tetap bersenang-senang dalam perjalanan. Partisipan yang finish di group riding ini mendapatkan finisher tee dan medali penamat.

Sekadar informasi, acara 90K WCC 3rd Anniversary Celebration Ride didukung APP Sinarmas, Mitra Terrace, Specialized, ISMC (Indonesia Sport Medicine Centre), Pro Bicycle, Sport Tourism, Heavenly Blush, Total 8+, Gofit.id, Nutrilite, Rudy project, Sunpride dan SNP.

3 dari 3 halaman

Komunitas Terbesar

Women Cycling Community (WCC) Indonesia adalah komunitas pesepeda wanita terbesar di Indonesia. Bagi anggota WCC Indonesia, melaju di atas sepeda sejauh puluhan kilometer, bahkan ratusan kilometer bukan hal baru bagi mereka.

WCC Indonesia sendiri berdiri sejak pertengahan 2014 atau sudah menginjak tahun ketiga. Komunitas ini diinisiasi Tabby dan beberapa pesepeda wanita (yang saat itu jumlahnya masih sedikit) untuk membangun wadah yang bisa memfasilitasi aktivitas bersepeda bersama sesama pesepeda wanita.

Sebelum komunitas ini terbentuk, biasanya para pesepeda wanita bergabung komunitas pesepeda umum, yang didominasi pesepeda pria, dan kemampuan mereka rata-rata mengintimidasi para pesepeda wanita.

Saat ini, anggota WCC Indonesia tersebar di enam kota – Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Denpasar, dan Sampit. Jumlah anggotanya mencapai angka lebih dari 170 pesepeda wanita. Meski belum memiliki struktur organisasi yang resmi, sebagai komunitas WCC Indonesia memiliki leader di tiap wilayah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.