Sukses

6 Fakta Menarik Setelah Barcelona Tumbang dari Espanyol

Barcelona gagal melanjutkan tren bagus kontra Espanyol di seluruh ajang kompetisi.

Barcelona - Barcelona takluk 0-1 dari Espanyol pada laga leg pertama perempat final Copa del Rey, Rabu (17/1/2017) waktu setempat. Kekalahan ini membuat Los Cules gagal melanjutkan catatan apik pada musim ini.

Melakoni laga di RCDE Stadium, Barcelona tampil dominan. Klub asuhan Ernesto Valverde tersebut mencatatkan 72 persen penguasaan bola, berbanding 28 persen milik Espanyol.

Skuat Catalan pun memperoleh sejumlah peluang bagus, salah satunya adalah hadiah sepakan 12 pas pada menit ke-62. Akan tetapi, Lionel Messi yang maju sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya dengan baik, setelah tendangan penaltinya dihalau kiper Diego Lopez.

Dua menit jelang waktu normal berakhir, gawang Los Cules kebobolan. Bola hasil sepakan Oscar Melendo tak mampu dihentikan kiper Barcelona, Jasper Cillessen. Sampai laga usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Bagi Barcelona, ini adalah kekalahan perdana dari 30 laga terakhir di seluruh ajang kompetisi musim ini. Sebelumnya, mereka mampu memetik 23 kemenangan dan enam hasil imbang dari 29 pertandingan.

Meski menelan kekalahan, Blaugrana masih berpeluang untuk lolos ke semifinal. Sebab, mereka masih akan menjamu Espanyol di Camp Nou pada laga leg kedua perempat final Copa del Rey, 25 Januari 2018.

Sejumlah fakta menarik juga tersaji selepas Barcelona kalah dari Espanyol. Berikut ini adalah enam fakta mengenai duel Derbi barceloni edisi ke-207.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik Selepas Espanyol Vs Barcelona

1. Espanyol berhasil meraih kemenangan perdana kontra Barcelona di seluruh ajang kompetisi. Terakhir kali Espanyol mampu membungkam El Barca adalah pada ajang La Liga, Februari 2009 (menang 2-1).

2. Lionel Messi merupakan pemain di La Liga yang paling sering gagal mencetak gol lewat penalti di seluruh ajang kompetisi musim ini. Messi telah tiga kali gagal mengeksekusi penalti dari enam kesempatan.

3. Kiper Espanyol, Diego Lopez, telah dua kali menggagalkan sepakan 12 pas Messi di seluruh ajang kompetisi. Jumlah tersebut membuat Lopez menjadi penjaga gawang yang paling sering menepis tendangan penalti La Pulga dibanding kiper lainnya.

4. Diego Lopez juga menjadi satu-satunya kiper Espanyol yang sukses menghalau tendangan penalti Lionel Messi.

5. Lionel Messi mampu mencatatkan 20 dribel sukses dari 27 kesempatan bersama Barcelona di seluruh ajang kompetisi musim ini. Pada babak pertama kontra Espanyol, Messi menorehkan empat dribel sukses.

6. Lionel Messi kini telah enam kali gagal mengeksekusi penalti dari sembilan kesempatan di ajang Copa del Rey. Dari enam kegagalan tersebut, lima di antaranya ditepis kiper dan satu yang melebar.

Sumber: Opta, Gracenote Live

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.