Sukses

Chelsea Terancam Dihukum FIFA Gara-Gara Transfer Pemain

Klub asal London Barat diyakini telah merekrut 25 pemain asing yang berusia di bawah 18 tahun secara ilegal.

London - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sedang melakukan penyelidikan terhadap Chelsea terkait transfer pemain. Seperti dilansir Guardian, Jumat (19/1/2018), klub asal London Barat diyakini telah merekrut 25 pemain asing yang berusia di bawah 18 tahun secara ilegal.

Salah satu kasus yang diselidiki FIFA yakni soal perekrutan pemain muda berpaspor Bukina Faso, Bertrand Traore. Chelsea ketika itu baru mendaftarkan sang pemain pada 1 Januari 2014 ke dalam sistem pendataan transfer pemain milik FIFA (Transfer Matching System).

Sekilas tak ada yang ilegal dalam proses pendaftaran Traore yang dilakukan Chelsea karena ketika itu sang pemain baru berulang tahun ke-18. Akan tetapi, FIFA ternyata memiliki bukti Traore sudah membela Chelsea dalam pertandingan non-kompetisi melawan Arsenal pada 23 Oktober 2011.

Dengan demikian, Traore sudah bermain untuk Chelsea pada usia 16 tahun. Padahal, FIFA dalam aturannya dengan jelas melarang klub merekrut pemain asing yang berusia di bawah 18 tahun.

FIFA sebenarnya memberi kelonggaran kepada klub untuk merekrut pemain di bawah usia 18 tahun. Dengan catatan, sang pemain tak berasal dari luar negeri atau tinggal dengan jarak maksimal 50 kilometer dari negara perbatasan negara asalnya.

Klub juga dilarang merekrut pemain asing di bawah usia 18 tahun meski orang tuanya juga pindah ke negara tempat klub tersebut berada. Orang tua sang pemain dilarang pindah ke negara tersebut demi alasan karier sepak bola si anak dan harus ada alasan lain semisal pindah pekerjaan.

Chelsea sudah angkat bicara mengenai penyelidikan yang dilakukan FIFA terkait transfer para pemain mudanya. Klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu dengan tegas membantah telah melakukan tindakan ilegal dan mengaku sudah mematuhi semua aturan FIFA ketika merekrut pemain muda asing.

"Chelsea FC mematuhi semua statuta dan peraturan FIFA ketika merekrut pemain," bunyi pernyataan klub seperti dikutip The Guardian.

Jika terbukti melakukan tindakan ilegal, Chelsea bakal mendapatkan sanksi berupa embargo transfer dari FIFA selama dua periode bursa transfer. Hal ini sebelumnya pernah menimpa Barcelona, Real Madrid, dan juga Atletico Madrid.

Sumber: The Guardian

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.