Sukses

Malaysia Incar Tiket Cabang Sepak Bola Olimpiade 2020

1 dari 2 halaman

Langkah Jepang

Jakarta - Timnas Malaysia U-23 lolos hingga perempat final Piala AFC U-23. Kegagalan melaju ke semifinal rupanya tidak membuat tim asuhan pelatih Ong Kim Swee ini lesu.

Sebaliknya, mereka mulai menyusun rencana baru. Tak tanggung-tanggung, Malaysia mencanangkan tampil di Olimpiade 2020. Syaratnya, harus bisa finis di empat besar pada Piala AFC U-23 edisi selanjutnya yang dijadwalkan digulirkan dua tahun lagi.

Namun, dengan kualifikasi yang diagendakan bergulir mulai tahun depan, Malaysia menilai persiapan wajib dilakukan mulai sekarang. Itulah mengapa, mereka berencana "melepas" Asian Games 2018.

Malaysia mempertimbangkan hanya akan menampilkan pemain-pemain U-21 di Asian Games 2018. Pemain U-21 inilah yang diproyeksikan tampil di Piala AFC U-23, dua tahun lagi, demi meretas jalan ke Olimpiade 2020 yang digelar di Jepang.

"Kami punya beberapa ide serta proposal, seperti memboyong pemain U-21 ke Asian Games. Tapi, semua harus paham kami tak bisa memasang target. Karena jika sebaliknya, kami harus mengirim tim terbaik yang kita miliki," tutur Ong Kim Swee, pelatih Timnas Malaysia U-23 seperti dikutip di New Straits Times, Minggu (21/1/2018).

"Jika tak ada target di Asian Games 2018, saya lebih memilih membawa pemain U-21, meski semua klub tetap harus melepas pemain yang terpilih. Kami tak akan meminta pemain U-23 atau yang lebih tua, namun mereka yang berusia 21 dan di bawahnya sebagai persiapan kualifikasi Piala AFC U-23 tahun depan," lanjut pelatih 47 tahun itu.

Seperti diketahui, Timnas Malaysia U-23 mengukir sejarah setelah masuk ke perempat final untuk kali pertama di ajang Piala AFC U-23. Langkah ke semifinal kandas setelah ditekuk Korea Selatan 1-2.

Namun, permainan di fase penyisihan grup, termasuk menumbangkan juara Piala AFC U-23 2013, Irak, di laga terakhir, mengapungkan asa akan prestasi yang lebih tinggi di masa mendatang. Jajaran tim pelatih percaya diri untuk meyasar target yang lebih tinggi lagi.

"Meski kami bermain bagus saat melawan Korea Selatan, saya sama sekali tak puas karena kami tidak sampai ke semifinal," kata Kim Swee.

"Kami tak bisa berhenti di sini. Secara personal, target saya adalah kualifikasi untuk olimpiade, tapi dengan syarat kami memulai persiapan lebih awal dan apa yang harus kami lakukan adalah menjadi satu dari empat tim teratas di Piala AFC U-23 2020," lanjut sang pelatih.

Langkah serupa sudah dilakukan Jepang, yang akan jadi tuan rumah Olimpiade 2020. Pada Piala AFC U-23 tahun ini, mereka menurunkan skuat U-20. Meski, akhirnya mereka tersingkir di perempat final setelah digulung Uzbekistan 0-4. 

Sebagai catatan, Timnas Malaysia kali terakhir tampil di Olimpiade adalah 38 tahun lalu, yakni pada Olimpiade Moskow 1980. Di sisi lain, Asian Games 2018 bakal digelar di Indonesia. Malaysia bisa jadi akan berhadapan dengan Timnas Indonesia U-23 asuhan pelatih Luis Milla.

Sumber: Bola.com

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Timnas Vietnam U-23 Bakal Disambut bak Pahlawan
Artikel Selanjutnya
Pelatih Timnas Malaysia Berguru ke Atletico Madrid