Sukses

Prediksi Perseru Vs Persebaya: Jangan Terpleset Lagi

Untuk mengamankan peluang lolos ke babak selanjutnya, Persebaya tidak boleh imbang atau kalah saat menghadapi Perseru.

Liputan6.com, Surabaya - Partai hidup-mati akan tersaji dalam pekan kedua Grup C Piala Presiden 2018 antara Perseru Serui dan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (22/01/2018). Persebaya jelas tak ingin lagi terpleset guna mengamankan peluang ke babak selanjutnya.

Menghadapi Persebaya, Perseru harus menata diri kembali setelah dibombardir Madura United dengan lima gol tidak berbalas, Kamis (18/1/2018) pekan lalu. Hanya kemenangan yang bisa menjaga asa mereka lolos dari Grup C.

Tim berjuluk Cenderawasih Jingga ini punya peluang bagus pada laga nanti. Apalagi, mereka pernah meraih kemenangan atas Persebaya di Surabaya tepatnya pada Divisi Utama 2011 lalu.

Namun demikian, kemenangan 0-3 itu merupakan hadiah dari Komisi Disiplin. Kala itu, Persebaya sebenarnya menang 1-0 atas Perseru. Akan tetapi, mereka dianggap memainkan pemain ilegal, yakni Sulkhan Arif yang sudah mengantongi dua kartu kuning.

Terlepas dari itu, Perseru tetap menjadi tim yang menakutkan. Apalagi, mereka akan mengandalkan seorang Silvio Escobar yang belakangan apik. Mantan penyerang Bali United itu sukses mengemas tiga gol dalam empat pertandingan terakhir tim. Kegagalan cetak gol lawan Madura United, tentu akan membuat Escobar membidik jala Persebaya.

"Persebaya sebenarnya sama dengan kami, formasi baru dan butuh adaptasi pemain satu dengan yang lain. Maka ini kesempatan kami mencuri poin melawan Persebaya pasti akan seru," ucap Pelatih Perseru, Alexander Sanunu, sebelum laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menang Harga Mati

Persebaya saat melakoni latihan jelang laga Piala Presiden (Liputan6.com/Dimas Angga P)

Sementara itu, Persebaya tentu tak mau lagi tercelat di hadapan pendukungnya. Hasil imbang 1-1 melawan PS TNI tentu akan menjadi modal berharga mereka untuk membenahi diri.

Melawan Perseru, kemenangan menjadi harga mati. Sebab, hanya dengan tiga poin, Bajul Ijo terus memelihara asa lolos ke fase 8-besar. Peluang itu sangat terbuka lebar buat pasukan Angel Alfredo Vera.

Terlebih, Bajul Ijo belum pernah menelan kekalahan saat bermain di Gelora Bung Tomo sejak musim lalu. Mereka mencatat enam kemenangan dan dua imbang. Kedatangan Robertino Pugliara tentu akan menambah eksploisitas anak-anak Surabaya tersebut.

Apalagi, pemain Argentina itu sudah beberapa kali bersua Perseru saat berkostum Persib Bandung maupun Persipura Jayapura. Kehadirannya akan membuat lini tengah tim berwarna dalam laga nanti.

"Kami sudah latihan taktik dan menyiapkan siapa yang kemungkinan dimainkan. Soal perombakan pemain, itu tentu harus dipikirkan dulu, tidak bisa langsung ambil keputusan. Tapi pastinya yang lebih bagus saat latihan, bisa kita turunkan besok," kata Angel Alfredo Vera memungkasi.

3 dari 4 halaman

Fakta dan Data Pertandingan

Persebaya Surabaya (Dimas Angga P)

Fakta Pertandingan Persebaya Vs Perseru:

- Kedua tim sudah lima kali bersua sejak 2010 lalu. Persebaya sedikit unggul dengan raih tiga kemenangan, dan Perseru dua kali menang.

- Persebaya belum pernah menelan kekalahan saat bermain di GBT musim lalu. Mereka catatkan enam kemenangan, dan dua imbang.

- Persebaya tak berhenti mencetak gol dalam lima laga terakhirnya Sementara Perseru cuma sekali gagal kemas gol dalam lima laganya.

- Perseru tak pernah meraih kemenangan di Surabaya. Kemenangan 3-0 pada DU 2011 merupakan hadiah dari Komdis yang hukum Persebaya karena memainkan pemain ilegal.

- Kekalahan Perseru 0-5 dari MU merupakan yang terbesar di Piala Presiden 2018 sejauh ini.

Head to Head

31/05/14 Perseru 0-1 Persebaya

20/04/14 Persebaya 4-0 Perseru

14/09/13 Persebaya 2-0 Perseru

07/04/11 Persebaya 0-3 Perseru

05/12/10 Perseru 1-0 Persebaya

Lima Pertandingan Terakhir Perseru Serui

18/01/18 Madura United 5-0 Perseru Serui

12/11/17 Persib Bandung 0-2 Perseru Serui

04/11/17 Perseru Serui 3-2 Pusamania Borneo

28/10/17 Semen Padang 3 - 1 Perseru Serui

Lima Pertandingan Terakhir Persebaya Surabaya

18/01/18 Persebaya 1-1 PS TNI

28/11/17 PSMS Medan 2-3 Persebaya

25/11/17 Persebaya 3-1 Martapura

21/11/17 PSMP Mojokerto 0-4 Persebaya

18/11/17 Persebaya 1-0 Pekanbaru

15/11/17 PSIS Semarang 0-1 Persebaya

 

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain:

Perseru Serui (4-4-2): Annas Fitrianto; Indra Permana, Dominggus Fakdawer, Ata Geldiyev, Kalvin Wopi, Ricardo Sendra, Nerius Alom, Alba Serkadifat, Anis Nabar; Silvio Escobar, Lukas Mandowen.

Pelatih: Alexander Sanunu

Persebaya Surabaya (4-4-2): Dimas Galih; Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Abu Rizal Maulana; Adam Mau, Nelson Alom, Rendi Irwan Saputra, Robertino Pugliara; Rishadi Fauzi, Feri Pahabol.

Pelatih: Angel Alfredo Vera

(Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini