Sukses

Sanchez dan 4 Pemain Arsenal yang Hengkang ke Duo Manchester

Berikut adalah kelima andalan Arsenal yang memilih hengkang ke klub asal kota Manchester.

Jakarta - Alexis Sanchez akhirnya resmi angkat kaki dari Arsenal dan melanjutkan kariernya bersama Manchester United, Senin (22/1/2018). Sanchez bukan lah pemain pertama yang pergi dari The Gunners dan gabung ke klub asal Kota Manchester.

MU dikabarkan melepas Henrikh Mkhitaryan ke Arsenal demi bisa mendapatkan jasa pemain timnas Cile tersebut. Bersama MU, Sanchez sepakat menandatangani kontrak hingga 30 Juni 2022 dan menerima bayaran 600 ribu poundsterling (Rp 11,16 miliar) per pekan.

Alexis Sanchez menjadi pemain asal Cile pertama yang membela skuat utama Manchester United. Setan Merah sejatinya pernah merekrut pemain berpaspor Cile lainnnya, yakni Angelo Henriquez. Namun, bomber 23 tahun itu belum sekalipun bermain untuk tim senior.

Sepanjang sejarah transfer pemain, Sanchez bukanlah penggawa Arsenal pertama yang hengkang ke klub asal Kota Manchester. Setidaknya ada empat nama lain yang juga mengambil langkah serupa.

Berikut ini adalah ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Emmanuel Adebayor

Arsenal merekrut Adebayor dari AS Monaco pada Januari 2006. Bomber 33 tahun itu langsung tampil nyetel dan menjadi andalan di lini serang skuat asuhan Arsene Wenger tersebut.

Total 62 gol dan 22 assist dibukukan Adebayor selama membela tim Meriam London. Meski tampil apik, sang pemain secara mengejutkan hengkang ke Manchester City dengan nilai transfer 25 juta poundsterling (Rp 465,32 miliar) pada Juli 2009.

Perbedaan pandangan dengan Wenger menjadi satu dari sekian alasan Adebayor hengkang. Namun, keputusan penyerang Togo itu berlabuh ke Man City nyatanya keliru, mengingat lebih sering dipinjamkan ke klub lain selama masa kontraknya.

3 dari 5 halaman

Gael Clichy

Trofi juara merupakan salah satu tujuan utama para pesepak bola dunia. Hal itu pun berlaku bagi Clichy. Membela Arsenal sejak 2006, sang pemain hanya menjuarai masing-masing satu trofi Community Shield, Piala FA, dan Premier League.

Minimnya prestasi disinyalir menjadi alasan Clichy berlabuh ke Manchester City pada Juli 2011. Total 203 penampilan ditorehan bek sayap 32 tahun itu bersama skuat utama The Citizens.

Clichy pun menyabet dua trofi Premier League, satu Community Shield, dan dua Piala Liga Inggris bersama Manchester City. Meski bergelimang prestasi, karier sang pemain tidak bertahan lama.

Pihak manajemen tidak memperpanjang masa bakti Clihcy yang berakhir pada Juli 2017. Saat ini, ia membela klub asal Turki, Basaksehir.

4 dari 5 halaman

Samir Nasri

Setelah Clichy, Nasri merupakan penggawa Arsenal selanjutnya yang memilih berlabuh ke Manchester City pada Agustus 2011. Prestasi juga disinyalir menjadi faktor utama yang melatari kepergian gelandang asal Prancis tersebut.

Nasri gerah karena tidak sekalipun mencicipi trofi juara selama empat musim berseragam Arsenal. Keputusan Nasri pun berbuah manis karena menjuarai dua trofi Premier League, satu Piala Liga Inggris, dan satu Community Shield di Manchester City.

5 dari 5 halaman

Robin van Persie

Van Persie merupakan juru gedor andalan selama berseragam Arsenal. Pada musim 2010-2011, bomber Belanda itu mencetak 18 gol dari 25 pertandingan. Tahun berikutnya, sang pemain semakin cemerlang dengan mengemas 37 gol dari 48 laga.

Akan tetapi, semasa kontraknya Van Persie mulai jengah karena minimnya prestasi Arsenal yang hanya menjuarai dua trofi Community Shield dan satu Piala FA. Pada Agustus 2012, dia kemudian memutuskan hijrah ke Manchester United.

Keputusan Van Persie berlabuh ke Manchester United terbilang tepat. Ia sukses mengakhiri penantian panjang untuk menjadi juara Premier League bersama The Red Devils pada 2013.

Sumber: Berbagai sumber/www.bola.com

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.