Sukses

Vietnam Perkasa, Bersua Uzbekistan di Final Piala AFC U-23 2018

Timnas Vietnam U-23 menundukkan Qatar pada laga semifinal Piala AFC U-23 2018 melalui drama adu penalti.

Jakarta, - Timnas Vietnam U-23 tampil perkasa di [Piala AFC U-23 2018]((3233150 ""). Di luar dugaan, tim dari negara di kawasan Asia Tenggara ini menyabet tiket tampil di laga final Piala AFC U-23. Vietnam melangkah ke final setelah berhasil menyingkirkan Qatar pada semifinal yang digelar di Changzhou Olympic Sports Centre, Changzhou, Selasa (23/1/2018). Vietnam mengandaskan Qatar melalui drama adu penalti setelah bermain 2-2 di waktu normal.

Vietnam, yang memiliki rataan usia pemain 20,7 tahun, sempat tertinggal lebih dulu ketika pada menit ke-39. Pemain Qatar, Akram Afif, berhasil menjebol gawang Vietnam melalui titik putih setelah Almoez Ali dilanggar keras oleh Bui Tien Dung di kotak terlarang.

Baca Juga

  • Kalahkan Irak, Vietnam Rebut Tiket Semifinal Piala AFC U-23
  • Mimpi Malaysia ke Semifinal Piala AFC U-23 Kandas Secara Dramatis
  • VIDEO: Highlights Piala Asia U-23, Irak Vs Vietnam 3-3 (Pen. 3-5)

Setelah cukup lama bersabar, akhirnya Vietnam U-23 berhasil membuat kedudukan menjadi imbang pada menit ke-69. Nguyen Quang Hai menjadi pencetak gol yang membuat asa Vietnam untuk memenangi pertandingan mendadak menjadi lebih tinggi.

Namun, tiga menit sebelum pertandingan usai, Qatar berhasil kembali unggul. Almoez Ali membuat gawang Vietnam kembali bergetar dan membuat tim asal Timur Tengah itu semakin dekat dengan laga puncak Piala AFC U-23 2018.

Vietnam tidak menyerah. Berawal dari situasi set piece pada menit ke-88 karena pelanggaran yang dilakukan Ahmad Moein kepada Nguyen Quang Hai, pemain Vietnam itu berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke extra time.

Hingga 120 menit pertandingan, kedudukan 2-2 tidak berubah dan laga dilanjutkan dengan drama adu penalti. Setelah pemain Qatar, Akram Afif, menunaikan tugas dengan baik sebagai eksekutor pertama, pencetak dua gol Vietnam, Nguyen Quang Hai, justru gagal melakukan eksekusinya.

Eksekutor penalti kedua Qatar, Ahmad Moein, gagal membuat gawang Vietnam bergetar. Hingga eksekutor keempat masing-masing tim melakukan tugasnya, kedudukan tetap 3-3.

Eksekutor terakhir Qatar, Sultan Al Brake, gagal melakukan tugasnya dan itu menjadi momentum bagi Vietnam. Vu Vu Thanh yang menjadi eksekutor terakhir Vietnam berhasil menjalankan tugasnya dan membawa timnya melangkah ke final Piala AFC U-23 2018.

Keberhasilan Vietnam mencapai final Piala AFC U-23 2018 tentu menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi negara Asia Tenggara itu. Vietnam akan menantang Uzbekistan di partai puncak yang dimainkan pada Sabtu (27/1/2018). Uzbekistan ke final setelah menggulung Korea Selatan 4-1, Selasa malam (23/1/2018).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.