Sukses

Legenda AC Milan Resmi Menjabat sebagai Presiden Liberia

Monrovia - Legenda AC Milan, George Weah, resmi dilantik sebagai presiden Liberia pada Senin (22/1/2018) waktu setempat. Weah bakal menjabat sebagai presiden Liberia hingga 2023.

Pria 51 tahun itu menggantikan Ellen Johnson Sirleaf, presiden wanita pertama di Liberia yang telah memimpin selama 12 tahun. Dalam pelantikan yang berlangsung di Samuel Kanyon Doe Stadium tersebut, turut dihadiri sejumlah kepala negara serta pesepak bola asal Afrika.

"Saya telah menghabiskan bertahun-tahun hidup saya di stadion, namun hari ini tidak terasa seperti yang lain," kata Weah yang mengenakan pakaian putih panjang.

"Saya telah bersumpah di depan Anda dan di hadapan Tuhan Yang Mahakuasa. Yakinlah saya tidak akan mengecewakan Anda," lanjutnya.

Georga Weah merupakan salah satu kandidat kuat calon presiden Liberia periode 2017-2023. Didukung partai Coalition for Democratic Change (CDC), Weah mengincar suara pemilih muda dan wanita.

Dia pun berhasil mengumpulkan 38,4 persen suara, unggul 28,8 persen dari pesaing terdekatnya, Joseph Boakai, yang merupakan wakil presiden Liberia periode 2006 sampai 2018. Akan tetapi, karena tak ada yang meraih lebih dari 50 persen suara, pemilihan presiden Liberia dilanjutkan ke putaran kedua.

Pada pemungutan suara putaran kedua, 26 Desember 2017, George Weah masih berada di posisi teratas. Dia mengumpulkan 61,5 persen suara, sedangkan Boakai hanya meraih 38,5 persen suara.

Kini, pria yang pernah membela AC Milan, Chelsea, Paris Saint-Germain, serta Manchester City itu merupakan presiden ke-25 Liberia. Dia pun memiliki tugas berat, karena Liberia masih mencoba bangkit setelah perang saudara, mengatasi virus Ebola, serta berbagai kasus korupsi.

Sumber: The Guardian/www.bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.