Sukses

Persiba Optimistis Kembali Tembus Liga 1

Persiba kini diperkuat mayoritas pemain muda di ajang Liga 2 Indonesia 2018.

Liputan6.com, Balikpapan - Persiba Balikpapan bisa kembali menembus ketatnya persaingan kompetisi Liga 1 musim 2019. Tim berjuluk Beruang Madu ini harus merasakan pahitnya terdegradasi sehingga berjuang di kompetisi kasta kedua, Liga 2 Indonesia.

"Kami tidak boleh menyerah dan tentunya selalu optimistis," kata Pelatih Persiba Wanderley Junior di Balikpapan, Rabu (24/1).

Susunan skuat pemain Persiba kali ini tak bertabur bintang seperti tim lain di Kalimantan. Mayoritas pemain memilih hengkang ke tim lain setelah Persiba terhempas ke Liga 2.

Skuat Persiba didominasi muka baru. Mereka memprioritaskan pemain lokal hasil pembinaan Persiba U-17. "Mungkin pemain kami kurang pengalaman, tapi kami selalu optimistis," ujar Wanderley.

Minimnya pengalaman pemain, tambah Wanderlay, bukan kemudian diartikan rendahnya kualitas Persiba di persaingan Liga 2. Solidnya kerja sama antarpemain dan semangat juang akan jadi modal utama Persiba menembus kompetisi Liga 1 Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sukses Islandia

Kapten Islandia, Aron Gunnarsson, bersama rekan- rekannya melakukan selebrasi usai memastikan negaranya lolos Piala Dunia 2018 di Stadion Laugardalsvöllur, Senin (9/10/2017). Islandia menang 2-0 atas Kosovo. (AP/Brynjar Gunnarsson)

Sukses Islandia ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia menjadi salah satu motivasi Persiba. Sebab, tim yang tidak memiliki riwayat kesuksesan di kancah Eropa, mampu menjuarai Grup B dengan mengungguli Kroasia, Turki, Ukraina, dan Finlandia.

"Kita lihat Islandia, bagaimana mereka bisa lolos ke Piala Dunia. Mereka hanya negara kecil karena mereka punya motivasi," ujar Wanderley.

Wanderley menyebutkan, tidak ada yang memprediksi Islandia bisa tampil perkasa. Semangat juang negara tersebut yang akan diadopsi Persiba menembus ketatnya persaingan lawan lawannya.

"Kita harus percaya dan kita harus berpikir positif, sehingga kita bisa meraih target," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Tidak Halangi Pemain

Persiba Balikpapan. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)

Pengurus Persiba Balikpapan Ryan Chong menyatakan, pihaknya tidak menghalangi para pemain yang ingin mencoba tantangan dengan bergabung tim lain. Manajemen Persiba menginginkan pemain yang ingin berkomitmen membawa tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan itu kembali ke Liga 1.

"Karena kami hanya mau pemain yang benar-benar merasa ada tanggung jawab moral di Persiba untuk membawa Persiba kembali ke liga 1," tegasnya.

Ryan menilai, delapan pemain yang memilih memperpanjang kontrak bersama Persiba merupakan pemain-pemain penting yang siap memberikan prestasi. Mereka antara lain gelandang kawakan Siswanto dan pemain yang dipinjam dari Arema, Sunarto.

Sementara pemain yang hengkang di antaranya Bijahil Chalwa, Absor Fauzi, Yudi Khoiruddin dan Ajie Kurniawan. (Abelda Gunawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.