Sukses

Persipura Mulai Latihan di Bawah Asuhan Pelatih asal Inggris

Persipura musim Liga 1 2018 dilatih Peter Butler.

Liputan6.com, Jayapura - Persipura Jayapura telah menjalani latihan perdana bersama pelatih asal Inggris, Peter Butler. Tim berjulukan Mutiara Hitam itu mulai mempersiapkan diri untuk kompetisi Liga 1 2018.

Latihan Persipura berlangsung sejak Jumat (26/1/2018) di Stadion Mandala, Jayapura. Tim Persipura sendiri terdiri dari gabungan senior dan tim U-19.

Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengusung optimisme dengan ditunjuknya Peter Butler sebagai pelatih anyar. Menurut Benhur, Butler sangat serius dalam mempersiapkan tim Persipura.

"Saya lihat dia sangat serius untuk bisa melatih Persipura, karena dia menunggu satu bulan lebih sejak saya bertemu dia Desember 2017 lalu di Jakarta, rekam jejak pelatih ini sangat luar biasa berkarir di luar," ujar Benhur Tomi Mano, seperti dilansir Antara.

 

Pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Jayapura itu kecewa dengan hasil Liga 1 2017. Persipura finis di peringkat keenam klasemen Liga 1 2017.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jejak Karier Bagus

Pelatih asal Inggris ini punya jejak karir yang bagus. Kariernya pertama kali dimulai saat menjadi pelatih sementara Halifax Town. Kemudian pindah ke Australia menjadi pelatih-pemain Sorrento FC di tahun 2000-2002.

Butler akhirnya mencoba pertaruhan di Asia Tenggara. Sejumlah klub pernah ditanganinya, semacam SAFFC, Sabah FA, Persiba, Kelantan FA, hingga Trengganu T-Team.

"Mantan pemain West Ham United itu juga pernah jadi pelatih kepala di BEC Tero Sasana. Saat ini, dia meiliki Lisensi UEFA Pro. Selama karirnya, Butler terbilang cukup istimewa," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Sempat Tangani Persiba

Lanjut dia, paling diingat tentu saat membawa Persiba Balikpapan promosi ke ISL pada 2008 lalu. Hal ini setelah Beruang Madu kala itu dibawanya finis diurutan ketujuh wilayah Timur Liga Djarum Indonesia.

Butler membesut Persiba dalam dua masa, pertama pada 2006 sampai 2008, kemudian kembali 2012 lalu. Pada 2012, Persiba memang finis di urutan ketujuh.

"Tapi lebih baik capaian itu setidaknya lebih baik dari tim asal Kaltim lainnya, Mitra Kukar dan Persisam Samarinda," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.