Sukses

Jelang MotoGP 2018, Rossi Kembali Kritik Layout Sachsenring

Tikungan ke-11 MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring terus menjadi perdebatan para pembalap.

Liputan6.com, Sepang - Belum juga MotoGP 2018 dimulai, Valentino Rossi sudah berbicara soal seri di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Lagi-lagi ia menyorot tikungan ke-11 yang terkenal angker tersebut.

Ya, tikungan ke-11 di Sachsenring sudah berulang kali mendapat kritik pembalap MotoGP selama bertahun-tahun. Layout tikungan itu dinilai sangat membahayakan para pembalap. Kebetulan, tikungan ke-11 juga menjadi tikungan tercepat di Sachsenring.

Total ada 10 tikungan ke kiri dan tiga ke kanan pada MotoGP Jerman di Sachsenring. Tikungan ke-11 itu termasuk yang mengarah ke kanan. Perbedaan mencolok jumlah tikungan itu disinyalir sebagai alasan mengapa para pembalap sering terjatuh.

Itu karena bagian ban kiri yang lebih sering terpakai ketimbang ban kanan. Alhasil, bagian ban kanan pun menjadi dingin. Hal itu diperparah dengan layout tikungan 11 yang curam hingga dinamai waterfall.

"Dulu kami sering membicarakan soal bahaya tikungan ke-11 di Komisi Keselamatan. Tapi sampai saat ini kami juga belum menemukan solusi yang tepat. Saya pun tidak tahu mengatasinya. Saya pikir juga tak akan terjadi perubahan untuk musim 2018," kata Rossi, dilansir Speedweek.

Di sana, para pembalap rata-rata bisa melaju hingga 200 km/jam. Tentu, mengendalikan motor MotoGP yang berbobot 157 kg dengan cengkraman ban bagian kanan yang rendah jelas menyusahkan para pembalap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantahan Pihak Sachsenring

Sirkuit Sachnsenring (istimewa)

Akibat hal itu, banyak pembalap yang meminta agar desain tikungan 11 Sachsenring segera diubah. Hal ini sebenarnya sudah dilakukan Komisi Keselamatan MotoGP pada 2014. Namun, tingkat kesulitan para pembalap di area ini tetap tak berkurang.

Mengenai hal itu, CEO Sirkuit Sachsenring, Wolfgang Streubel melakukan pembelaan. Menurutnya, tingkat kecelakaan di tikungan ke-11 Sirkuit Sachsenring sudah jauh berkurang di musim lalu.

"Tiga pada Jumat, dua pada Sabtu pagi, dan tidak ada di kualifikasi, pemanasan atau balapan. Sejak 2008, hanya ada satu yang terjadi dalam pemanasan di tikungan ke-11, tak ada kecelakaan saat balapan," tegas Streubel.

 

3 dari 3 halaman

10 Pemenang Terakhir di Sachsenring

2017: Marc Marquez

2016: Marc Marquez

2015: Marc Marquez

2014: Marc Marquez

2013: Marc Marquez

2012: Dani Pedrosa

2011: Dani Pedrosa

2010: Dani Pedrosa

2009: Valentino Rossi

2008: Casey Stoner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.