Sukses

Legenda Persija Sebut Macan Kemayoran Punya Kans Juara Liga 1

Persija Jakarta memiliki persiapan bagus menuju Liga 1 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melampaui ekspektasi di musim 2017, Persija Jakarta kini menatap musim 2018 dengan kepercayaan diri tinggi. Dan persiapan yang mereka lakukan untuk melakoni musim ini pun jauh lebih matang.

Seperti diketahui, Persija Jakarta sukses mengakhiri Liga 1 2017 dengan duduk di urutan keempat. Padahal, target mereka saat itu hanya posisi ketujuh. Dari 34 laga, mereka merangkai 17 kemenangan, 10 hasil imbang, dan hanya 10 kali kalah.

Sukses itu membawa tim Macan Kemayoran berhak menyegel satu tiket untuk tampil di Piala AFC 2018. Namun, hal tersebut tak membuat tim besutan Stefano 'Teco' Cugurra itu merasa puas. Buktinya, mereka tetap melakukan perombakan untuk menatap musim baru Liga 1.

Banyak pemain baru yang didatangkan manajemen Persija Jakarta. Banyak pula turnamen pramusim yang mereka ikuti. Karena hal itu, legenda Tonny Tanamal yakin, mantan timnya tersebut memiliki potensi untuk merebut gelar juara Liga 1.

"Kalau saya lihat, materinya lebih bagus dari musim lalu. Kualitas pemainnya lebih merata dan mereka punya potensi juara. Tinggal kekompakan dan suasana di dalam tim saja yang harus dijaga," kata Tonny yang memperkuat Persija pada 1987-1994 itu kepada Liputan6.com di GOR Sumantri, beberapa waktu lalu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skuat Mumpuni

Striker anyar Persija Jakarta, Marko Simic (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Soal skuat, Persija memang melakukan perombakan besar. Pemain-pemain seperti Ryuji Utomo, Willian Pacheco, Arthur Irawan, Sutanto Tan, Amarzukih, Irfandy Zein, Muhammad Hargianto, dan Ambrial Umanailo dilepas.

Sebagai gantinya, mereka juga banyak merekrut pemain baru. Mulai dari Jaimerson Xavier, Marko Simic, Marco Kabiay, Valentino Telaubun, Ahmad Syaifullah, Arthur Bonai, Riko Simanjuntak, hingga Septinus Alua.

Selain itu, skuat Persija juga sudah terasah dalam banyak uji coba. Setelah melawan Mutiara Cempaka Utama dan Persija Karawang, mereka mengikuti turnamen Suramadu Cup dengan menghadapi Madura United, Kedah FA, dan Persela.

3 dari 3 halaman

Puji Teco

Pemain asing Persija asal Kroasia, Marko Simic (kanan) berbincang dengan pelatih Stefano Cugurra. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Lalu, mereka juga sempat mengukuti turnemen di Malaysia bertajuk Boost Sportsfix Super Cup di Malaysia. Hebatnya, mereka mampu tampil sebagai juara. Setelah itu, mereka juga tengah melakoni Piala Presiden 2018 dan sukses melaju ke semifinal sebagai runner-up Grup B.

"Teco pelatih bagus, bisa meramu tim, tinggal tambah lagi saja semangatnya. Harus ada rasa memiliki Persija. Kalau kualitas dan skill sudah oke. Ada faktor semangat yang dibutuhkan, perjuangan tanpa henti," tegas Tonny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.