Sukses

3 Transfer Termahal Serie A di Januari

Meski klub di serie A sangat irit, tapi masih ada pembelian mahal, siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Klub-klub serie A Italia terbilang irit selama bursa transfer Januari 2018. Menurut laporan Gazetta dello Sport, hanya 50 juta euro uang yang dikeluarkan oleh seluruh klub Serie A selama jendela transfer Januari.

Kecilnya dana yang dikeluarkan klub-klub Serie A ini tidak terlepas dari gagalnya sejumlah transfer pemain. Misalnya, winger Sassuolo, Matteo Politano yang batal bergabung dengan Napoli.

Tak cuma itu, klub-klub raksasa serie A seperti Inter Milan dan AC Milan juga memilih berhemat untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka guna menghindari sanksi Financial Fair Play. I Nerazzuri hanya berani merekrut pemain melalui jalan peminjaman, sementara I Rossoneri sama sekali tidak mendatangkan pemain baru.

Dibandingkan klub-klub Liga Inggris, jumlah uang yang dikeluarkan klub-klub Serie A ini tentu sangat kecil. Deloitte melaporkan, jumlah uang yang dikeluarkan Manchester United (MU) dan klub Premier League lainnya mencapai 492 juta euro, atau hampir 10 kali lipat dibanding pengeluaran klub-klub Serie A.

Mayoritas transfer pemain di Serie A hanya berstatus pinjaman. Hanya ada segelintir saja yang hengkang langsung secara permanen.

Itu pun, tidak ada yang berharga mahal seperti Virgil Van Dijk yang direkrut Liverpool dari Southampton (85 juta euro), atau Pierre Emerick Aubameyang yang bergabung dengan Arsenal dari Borussia Dortmund (63 juta euro). Berikut tiga transfer termahal di Serie A yang terjadi selama Januari 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pietro Pellegri

Striker muda Pietro Pellegri diminati AC Milan pada bursa transfer musim panas 2017. (twitter.com)

Kepindahan penyerang muda Genoa, Pietro Pellegri ke AS Monaco menjadi transfer termahal di Serie A dalam kurun Januari. Wonderkid berusia 16 tahun itu dibeli Monaco seharga 21 juta euro (Rp 350 miliar).

Juventus menjadi klub yang paling sedih atas transfer Pellegri ini. Pasalnya, mereka sudah lama mengejar penyerang binaan akademi Genoa itu. Genoa lebih memilih melepasnya ke Monaco, sebab tawaran yang diajukan Si Nyonya Tua terlalu rendah (10 juta euro).

Dalam kesepakatan penjualan Pelleri, Genoa juga akan mendapat keuntungan sebesar 10 persen jika Monaco kembali menjual sang pemain di masa depan.

“Saya sangat senang untuk memulai petualangan baru ini. Saya belum punya kesempatan untuk bicara dengan sang pelatih, tapi saya akan bicara padanya Selasa nanti sebelum sesi latihan,” ucap Pellegri, usai diperkenalkan ke publik, Minggu (28/1/2018) lalu.

Oleh Monaco, Pellegri diikat kontrak berdurasi lima tahun, dengan gaji 1 juta euro per musim. Gajinya akan terus bertambah setiap musimnya, sesuai dengan perkembangan penampilannya.

“Saya tertarik dengan uang, karena saya hanya ingin bermain dan menikmati sepak bola saya. Jika orang bilang setahun lalu saya akan pindah dari Genoa ke Monaco, saya pikir itu adalah mimpi. Namun sekarang, mimpi itu sudah terwujud,” kata pemain yang lahir di Kota Genoa itu.

Pellegri mulai menjalani debutnya di Serie A sejak musim lalu, di usia 15 tahun 280 hari. Sebelum pindah ke Monaco, ia sudah mencatatkan delapan penampilan dengan koleksi tiga gol di kompetisi tertinggi di Italia itu.

Ia mulai jadi rebutan banyak klub Eropa usai mencetak dua gol ke gawang Lazio di pekan keempat Serie A pada 17 September 2017 lalu. Saat itu, Genoa kalah 2-3, namun Pellegri menjadi objek sorotan tersendiri.

“Saya berterima kasih pada Genoa atas segala yang mereka lakukan untuk saya. Sudah tiba saatnya untuk kita berpisah,” tandasnya.

3 dari 4 halaman

2. Emerson Palmieri

Chelsea resmi mendatangkan Emerson Palmieri dari AS Roma pada bursa transfer Januari 2018. (dok. Chelsea FC).

Sehari menjelang penutupan jendela transfer, AS Roma akhirnya sepakat melepas bek kiri mereka, Emerson Palmieri ke Chelsea, dengan harga 20 juta euro. I Giallorossi juga akan mendapat tambahan bonus dari Chelsea yang jumlahnya mencapai 9 juta euro, sesuai performa sang pemain.

Jumlah tersebut cukup menguntungkan bagi AS Roma mengingat mereka hanya mengeluarkan uang 2 juta euro saat mempermanenkan Emerson dari Santos pada musim dingin tahun lalu.

“Saya datang kemari karena ini adalah tim hebat dengan sejarah hebat. Hari ini saya mewujudkan salah satu mimpi saya, memakai seragam klub besar,” ujar Emerson saat diperkenalkan di markas Chelsea.

Oleh Chelsea, Emerson diikat kontrak yang berlaku hingga Juni 2022. Di Stamford Bridge, ia harus bersaing dengan Marcos Alonso, yang sampai sejauh ini masih menjalankan tugasnya dengan baik. Mantan bek Fiorentina itu sudah menyumbang tujuh gol serta tiga assist dalam 33 penampilan di semua kompetisi musim ini.

“Sepak bola Inggris sudah saya tonton sejak saya 15 tahun. Pertandingan-pertandingannya begitu indah, dan akan lebih indah lagi kalau bermain di dalamnya,” ucap pemain berdarah Brasil itu.

4 dari 4 halaman

3. Pol Lirola

Juventus kembali pinjamkan Pol Lirola ke Sassuolo (EPA/Elisabetta Baracchi)

Harga jual Pol Lirola dari Juventus ke Sassuolo memang hanya 7 juta euro (setara Rp 116,5 miliar). Namun, nilai itu sudah cukup untuk menjadikannya sebagai pemain termahal ketiga di Serie A dalam bursa transfer Januari 2018.

Lirola sudah membela Sassuolo sejak musim 2016/2017. Juventus meminjamkannya kepada Sassuolo dengan harapan, sang pemain bisa berkembang dan ditarik kembali. Musim ini, ia sudah tampil dalam 18 pertandingan bersama Sassuolo.

Namun, ketika masa peminjamannya berakhir, Selasa kemarin (30/1/2018), Juventus tetap tak yakin untuk membawanya pulang. I Bianconeri memilih menjualnya secara permanen kepada Sassuolo.

Sebelum dibeli Juventus di tahun 2015, Lirola merupakan pemain jebolan akademi Espanyol. Selama menjadi milik Juventus, bek berusia 20 tahun itu belum sempat merasakan bermain di tim senior. Ia hanya menjajal tim Primavera, dan mencatatkan 38 penampilan, dengan kontribusi 4 gol serta 9 assist.

(Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.